Parkir di Trotoar, Mobil Aparat Digembok

525
DIGEMBOK PAKSA: Petugas Dishub Kota Semarang saat memasang gembok roda dan stiker pemberitahuan di salah satu mobil yang diparkir di jalur pedestrian depan Indomaret Jalan Veteran, Semarang, kemarin. (PRATONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIGEMBOK PAKSA: Petugas Dishub Kota Semarang saat memasang gembok roda dan stiker pemberitahuan di salah satu mobil yang diparkir di jalur pedestrian depan Indomaret Jalan Veteran, Semarang, kemarin. (PRATONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG Sejumlah trotoar di jalan protokol Kota Semarang mulai dipercantik. Sayangnya, trotoar tersebut justru dipakai parkir mobil. Ini seperti yang tampak di Jalan Veteran. Sejumlah mobil yang diduga milik anggota Polda Jateng diparkir di kanan-kiri jalan searah tersebut.  Bahkan, ada yang nekat diparkir di atas trotoar yang baru dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang tersebut. Hal itu memaksa petugas Dinas Perhubungan  (Dishub) Kota Semarang turun tangan.

Kemarin (19/7), sejumlah petugas Dishub datang dengan mobil patroli. Mereka langsung bertindak tegas terhadap mobil-mobil yang diparkir sembarangan. Terutama mobil yang parkir di jalur area pedestrian. Setidaknya ada 4 mobil terpaksa digembok rodanya karena melanggar aturan. Mobil tersebut diparkir di depan Indomaret dan ruko sebelah kantor Tower Bersama Group, Jalan Veteran.

”Sesuai aturan, (jalur) pedestrian tidak boleh untuk parkir,” tutur salah satu petugas Dishub Kota Semarang yang memasang gembok warna kuning tersebut.

Selain memasang gembok, petugas juga menempelkan stiker pemberitahuan bahwa pemilik mobil tersebut telah melanggar ketentuan parkir sehingga mendapatkan sanksi penggembokan roda. Penindakan tersebut sesuai Undang-Undang LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat 4 huruf e dan Perda Kota Semarang Nomor 1 Tahun 2004 pasal 6 ayat 1. Pemilik mobil diminta menghubungi Satlantas Polrestabes Semarang di Pos Patwal Simpang Lima atau lewat telepon 024-8448284.

Selain di Jalan Veteran, penggembokan roda mobil juga dilakukan petugas Dishub di Jalan MT Haryono.

Menurut Eko Suprapto, di salah satu grup social media mengaku, sempat melihat petugas Dishub menggembok roda mobil yang diparkir di  tepi Jalan MT Haryono. ”Saya lihat ada petugas Dishub sedang mengunci roda mobil yang parkir di tepi jalan. khususnya di bagian kanan jalan atau sebelah timur,” kata Eko.

Dia mengatakan, mengetahui roda mobilnya digembok, sang pemilik mobil sempat merasa kesal dengan kejadian tersebut. ”Meski cuma parkir sebentar, yang namanya peraturan kalau dilanggar tetap ada sanksinya,” ujarnya. (ton/aro/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here