The 1st WOW Service Day Semarang 2017, Pestane Wong Service

361
JUARA: Para pemenang The 1st WOW Service Day bersama Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Istimewa)
JUARA: Para pemenang The 1st WOW Service Day bersama Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Istimewa)

SEMARANG– The 1st WOW Service Day resmi digelar! Bertempat di Gumaya Tower Hotel, Semarang menjadi kota kedua yang menggelar rangkaian acara ini. The 1st WOW Service Day merupakan kelanjutan dari kesuksesan acara WOW Service Excellence Award yang diadakan sejak tahun 2009. Acara yang mempertemukan para pelaku service dari berbagai industri ini digelar di 17 kota utama Indonesia mulai 11 Juli sampai dengan 12 September 2017.

Kali ini, The 1st WOW Service Day mengusung tema “Service Power: From WOW to NOW”. Deputy CEO MarkPlus, Inc., Jacky Mussry yang hadir pada rangkaian acara ini menerangkan bahwa di era marketing 4.0 yang serba terkoneksi, sudah waktunya bagi para pelaku bisnis dari berbagai latar belakang industri untuk memberikan suatu tingkat layanan yang melampaui batas pelayanan prima. “Era marketing 4.0 diwarnai dengan perubahan perilaku pelanggan yang semakin berbasis digital. Oleh karena, itu para penyedia layanan perlu merujuk pada pendekatan 5S agar layanan yang diberikannya semakin powerful, jelas Jacky.

Adapun konsep 5S yang dimaksud tersebut menerangkan bahwa dalam setiap tahapan customer path terdapat unsur-unsur story, style, synergy, substance, dan surprise dalam proses layanan yang diberikan. Service power yang berbasis pada 5S ini diharapkan dapat menjadi acuan baru bagi para pelaku service untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Dalam sisi story, pelayanan harus memiliki kejelasan komunikasi yang dapat mudah dipahami oleh pelanggan. Selanjutnya, pelayanan harus menjadi brand yang disukai oleh masyarakat luas dan ini tergantung pada style yang diusung.

BAGI ILMU: Diskusi panel multiindustri yang digelar dalam acara The 1st WOW Service Day di Gumaya Tower Hotel. (Istimewa)
BAGI ILMU: Diskusi panel multiindustri yang digelar dalam acara The 1st WOW Service Day di Gumaya Tower Hotel. (Istimewa)

Pelaku pelayanan juga harus dapat bersinergi melalui berbagai akses baik online maupun offline. Selanjutnya brand harus memiliki substance yang menunjukan kualitas layanan yang ditawarkan, sehingga para pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk beserta layanan yang ditawarkan. Yang terakhir dan harus dibuat semenarik mungkin adalah adanya unsur surprise. “Pendekatan seperti ini diharapkan dapat memperkuat loyalitas para pelanggan dan pada gilirannya mereka akan memberikan rekomendasi positif kepada orang lain.”

Di era digital saat ini, service power dapat dibentuk dengan menghantarkan suatu pelayanan prima secara real-time, baik real-time delivery maupun real-time execution. Pelanggan tidak hanya mengharapkan pelayanan yang WOW saja namun juga pelayanan yang cepat (NOW). Singkatnya, kualitas pelayanan dapat dilihat dari ketepatan produk, kecepatan proses, dan kesigapan orang-orang yang melayani.

Selain memperkenalkan konsep baru pelayanan yang prima, rangkaian acara ini juga menghadirkan The 1st Indonesia Service Mini-Exhibit, yaitu suatu pameran yang dapat dipergunakan oleh para pelaku pelayanan untuk menampilkan berbagai produk dan layanan yang dibutuhkan oleh para insan dunia service. Tidak hanya itu, sejumlah acara penganugerahan penghargaan juga akan mengisi rangkaian acara, diantaranya Service People of the Year Semarang 2017, Semarang WOW Service Excellence Award 2017 (Banking Sector), dan WOW Public Services Excellence Award Jawa Tengah 2017. Acara ini juga diperkaya dengan sejumlah sharing sessions dengan menampilkan para pemenang best practices dalam industri layanan. (*/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here