Minta Dukungan Para Jurnalis

648
MINTA DIINGATKAN : Bupati dan Wakil Bupati Batang Wihaji dan Suyono mengajak media untuk mengawal pemerintahannya, sekaligus memberikan kritik dan mengingatkan visi misi. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
MINTA DIINGATKAN : Bupati dan Wakil Bupati Batang Wihaji dan Suyono mengajak media untuk mengawal pemerintahannya, sekaligus memberikan kritik dan mengingatkan visi misi. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG – Pasangan Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono meminta dukungan para jurnalis dalam menjalankan roda pemerintahan Batang selama lima tahun ke depan. Namun permintaan dukungan tersebut, tanpa mengurangi indepensi dan jiwa kritis yang solutif sesuai dengan kode etik jurnalis.

“Kami harapkan terjalin mitra kerja yang sinergis antara pemerintah dan media. Karena kami butuh dukungan para jurnalis dalam melakukan publikasi program prioritas agar sampai ke masyarakat,” ucap Wihaji baru-baru ini.

Dijelaskan Wihaji, pemerintahannya saat ini sedang menyusun rencana strategis yang akan dikerjakan dalam jangka pendek (2 tahun) dan jangka panjang (5 tahun). Rencana tersebut, nantinya akan dituangkan dalam RPJMD ( Rencana Pembanguunan Jangka Menengah Daerah). “Karena itu, lima tahun ke depan akan bekerja maksimal untuk Kabupaten Batang agar lebih maju, berdaya saing, perekonomian meningkat dan masyarakatnya sejahtera,” harapnya.

Diakuinya, berdirinya PLTU di Batang telah memberikan multiplier effect untuk kemajuan wilayah. Termasuk akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sampai sekarang, sudah banyak investor yang melirik berinvestasi di Batang. Tentunya, para investor ini akan banyak menyerap tenaga kerja baru,” jelas Wihaji.

Bupati juga berharap para jurnalis ikut mengawal revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang akan segera ditetapkan. Yang mana dalam tata ruang tersebut menetapkan zona indutri, zona pertanian dan zona galian c. Pasalnya, syaratnya membangun industri harus sesuai dengan RTRW.

“Untuk meningkatkan PAD harus ada pertumbuhan ekonomi yang bergerak dengan peningkatan penghasilan. Makanya, karena ada industri, pasti akan tumbuh wisata dan hiburan,” katanya.

Bupati berencana mengembangkan potensi lokal di Batang, agar menjadi destinasi wisata baru di Jawa Tengah. Sehingga bisa memberdayakan warga sekitar serta menggerakkan sektor ekonomi lokal.

Demikian halnya dengan Wakil Bupati (Wabup) Batang Suyono. Menurutnya, Batang dengan lokasi geografis yang luar biasa, kaya akan potensi laut, dataran dan pegunungan. Hal itu, diperkuat dengan keindahan alamnya dengan sejuta potensi wisata yang belum tergarap, tentu akan menjadi program kerjanya ke depan. “Pengembangan dan membuka objek wisata baru menjadi prioritas kami. Batang memiliki potensi dalam membangun industri pariwisata,” tandas Suyono. (han/ida)