Latih Profesionalisme Prajurit TNI

1075
AHLI: Prajurit TNI Kodim 0716 Demak dilatih menembak dengan senjata ringan di lapangan Jragung Karangawen. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
AHLI: Prajurit TNI Kodim 0716 Demak dilatih menembak dengan senjata ringan di lapangan Jragung Karangawen. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

DEMAK- Ratusan  prajurit Kodim 0716 Demak menjalani latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) di lapangan tembak Desa Jragung, Kecamatan Karangawen. Latihan yang berlangsung 3 hari ini dipimpin langsung oleh Pasi ops Kapten Kav N Pasaribu.

Dia mengatakan, faktor keamanan dalam penggunaan senjata dinilai sangat penting. Ini juga terkait bagaimana cara mengatasi kendala bila terjadi gangguan pada senjata.  “Semua prajurit harus mengikuti prosedur yang benar, sesuai  petunjuk pelatih, sehingga latihan dapat berjalan tertib, lancar, dan aman,” kata Kapten Pasaribu.

Menurutnya, latihan menembak  merupakan program kerja bidang Operasi Triwulan II TA 2017. Tujuannya, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senapan dan pistol. “Karena menembak merupakan kemampuan dasar militer yang harus dimiliki oleh semua prajurit TNIm” ungkapnya.

Koordinator Materi Menembak, Kapten Inf Etok Sulistiyono menjelaskan, dalam latihan ini, anggota TNI dibekali dengan materi menembak senapan SS1 jarak 100 meter serta dengan mempraktikkan sikap tiarap. Sedangkan materi menembak pistol dengan jarak 25 meter menggunakan satu sikap, yaitu dengan cara  berdiri.

“Pada latihan ini, ada tiga tahap kategori penembakan. Yaitu, 3 butir penembakan pertama sebagai koreksi dengan jarak 25 meter, 3 butir kedua penembakan untuk pengelompokan dengan jarak 100 meter, kemudian terakhir 10 butir penembakan untuk penilaian dengan jarak 100 meter,”ujarnya. Latihan menembak senjata ringan  dilaksanakan seluruh anggota Makodim dan Koramil di jajaran Kodim 0716 Demak. (hib/zal)