Perbasi Gelar Kejurprov KU 18

1469
Bambang Wuragil. (IST)
Bambang Wuragil. (IST)

SEMARANG – Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jateng akan menggelar Kejurprov Basket KU 18 di GOR Mikae Sports Center Solo, 1-9 Juli mendatang. Kejuaraan tersebut akan dijadikan Perbasi Jateng memantau pemain yang diproyeksikan untuk Popnas Jateng 2017, 10-21 September mendatang.

Ketua Umum Perbasi Jateng Bambang Wuragil mengatakan, saat ini pihaknya fokus penuh mempersiapkan tim untuk Popnas Jateng nanti. Pada 9-10 dan 11-12  Juni lalu, pihaknya telah melakukan seleksi tahap kedua. Untuk mematangkan persiapan, pemain seleksi diharapkan mengikuti kejurprov KU 18 nanti.

”Pada kejurprov nanti, kami akan memantau pebasket putra/putri yang diproyesikan untuk Popnas. Ini sebagai salah satu acuan kami untuk menentukan 12 nama pemain bagi tim Jateng. Selain itu, juga untuk persiapan kejurnas KU 18 di Surabaya, September mendatang,” kata Bambang.

Nantinya, klub pemenang berhak dan wajib mewakili Jateng untuk kejurnas. Untuk pemain, maksimal adalah kelahiran 1 Januari 1999. Pihaknya akan melakukan verifikasi kepada pemain klub/kota peserta. Hal ini untuk menjaga sportivitas Kejurprov. Namun, Bambang yakin semua klub/kota peserta akan bertindak sportif.

”Ada persyaratan yang harus dibawa saat verifikasi seperti akta kelahiran, KTP, KK, dan ijasah terakhir. Jika memungkinkan, bisa saja pemain nantinya diproyeksikan untuk PON XX Papua, 2020 mendatang. Kami juga tengah membangun tim putra pra-PON XX,” jelasnya.

Ketentuan lain adalah, klub yang hendak mengikuti harus anggota dari Perbasi kota/kabupaten asal. Dibuktikan dengan surat keterangan dari Perbasi setempat. Tiap klub/kota, bisa mengirimkan lebih dari satu tim. ”Kejurprov ini merupakan agenda pembinaan dari kami. Karena itu, diharapkan klub basket yang ada di Jateng bisa mengikuti kejuprov,” tutur Bambang. (bas/smu)