SALATIGA – Wali Kota Salatiga Yuliyanto meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak takut dalam melaksanakan kegiatan pembangunan sepanjang selalu berpegang pada aturan yang berlaku. Hal
ini disampaikan Yuliyanto saat memberikan pembinaan dalam Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) di Ruang Kalitaman, Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Rabu (21/6).

“Pelaksana kegiatan di OPD tidak perlu takut, jangan terkontaminasi oleh pihak eksternal yang berada di luar sistem. Tugas utama eksekutif adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam kegiatan pembangunan. Mari kita bangun bersama tanpa ada tendensi politik,” tegas wali kota.

Yuliyanto juga berpesan agar kegiatan rapat POK tersebut tidak hanya menjadi kegiatan rutin biasa. “Dari kegiatan pengendalian seperti ini diharapkan ada rekomendasi apa-apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan di lapangan. Apabila ada kekhawatiran, jangan ragu untuk bertemu dengan saya. Saya akan memback up,” janji Yuliyanto.

Sementara Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Salatiga Sulistyaningsih menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui realisasi penyerapan anggaran OPD agar sesuai dengan target yang telah ditentukan. “Dengan POK akan terlihat mana target-target yang sudah terpenuhi dan mana yang belum tercapai,” jelas Sulistyaningsih.

Kabag Pembangunan berharap agar semua OPD mampu melaksanakan kegiatan tepat waktu, dengan mengacu prinsip-prinsip pelaksanaan kegiatan seperti efesien, efektif, terbuka, transparan,
tidak diskriminatif, dan akuntabel. Dengan demikian, tidak akan ada permasalahan hukum di kemudian hari.

Kegiatan rapat POK ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh OPD dan dipandu oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Salatiga Daryadi. Serapan anggaran memang menjadi salah satu tugas berat
wali kota, jika mengacu kepada prestasinya dalam periode pertama kemarin. Silpa yang besar menjadi salah satu catatan penting. (sas/zal)