BATANG–Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) membagikan zakat kepada masyarakat di sekitar kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang, Jawa Tengah. Tidak kurang sekitar 750 kilogram beras dibagikan kepada warga yang berhak menerima zakat di Desa Karanggeneng, Ujungnegoro, dan Ponowareng.

“Pembagian zakat ini merupakan aktivitas sosial kemasyarakatan PT BPI sepanjang Ramadan 2017 di desa-desa terdampak sekitar PLTU Jawa Tengah,” kata GM External Relation BPI Ary Wibowo, kemarin (20/6).

Lebih lanjut, bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian PLTU Jawa Tengah terhadap masyarakat sekitar sekaligus ikut menyemarakkan Ramadan 2017.

Beras zakat yang disalurkan ke masyarakat juga bukan beras dari luar, melainkan diambil langsung dari tempat penggilingan padi ke desa masing-masing. Beras lokal tersebut, kemudian didistribusikan langsung kepada para penerima. Pendistribusian beras juga dilakukan langsung bersama dengan aparat desa setempat agar benar-benar diterima oleh yang berhak.

“Acara ini merupakan rangkaian aktivitas sosial yang dilakukan oleh BPI. Sebelumnya, kami menggelar program Khataman Alquran yang digelar di Pondok Pesantren Jurang Jero, Desa Bakalan, Batang, pada 8 Juni 2017. Khataman Alquran itu dilaksanakan bersama sekitar 40 santri pesantren dan karyawan BPI,” ujarnya.

Selain itu, BPI juga mengadakan program Mushola Bersih dengan membersihkan musala yang tersebar di 36 titik. Lebih jauh lagi, melalui acara-acara tersebut, diharapkan agar silaturahmi antara BPI dengan masyarakat dapat terus terjalin. Silaturahmi yang saling kuat antara BPI dengan masyarakat diyakini akan membentuk hubungan yang sinergis demi kemajuan bersama. “Semua sistemnya dari masyarakat dan untuk masyarakat. Desa-desa tersebut merupakan desa tetangga PLTU Batang, dan kami ingin menjadi tetangga yang baik,” ujar Ary. (han/ida)