KENDAL—H-2 Lebaran Idul Fitri, arus mudik di Jalur Pantura Kendal mengalami kemacetan panjang. Kendaraan dari arah barat mulai terjebak macet setelah keluar dari exit tol fungsional Gringsing hingga masuk Kota Semarang.

Kemacetan terpantau di sejumlah titik di pantura Kendal, lantaran terjebak pada titik-titik keramaian dan trafict light. Selain itu, ada juga para penyeberang jalan dan beberapa kecelakaan kecil. Kemacetan parah ini terlihat mulai dari Weleri yang berbatasan langsung dengan Grisingsing Kabupaten Batang hingga Kaliwungu yang berbatasan Kota Semarang. Meski tidak macet total, arus kendaraan tersendat. Sehingga mengular hingga jalur lingkar Kaliwungu sepanjang lebih dari 7 kilometer. Kendaraan terjebak kemacetan sejak Jumat (23/6) subuh.

Akibat kemacetan ini, Polisi menerapkan pola tiga-satu. Jalur pantura terdiri atas empat lajur, dua lajur dari arah barat dan dua lajur lainnya untuk kendaraan dari arah timur. Polisi mengambil satu lajur dari arah timur untuk digunakan menjadi arus bagi pemudik dari arah barat.

Pola contra flow ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang mengular panjang hingga masuk Kota Semarang. Petugas Dishub juga mulai menutup celah-celah jalan yang dapat digunakan pejalan kaki untuk menyeberang jalan. Terutama titik-titik keramaian seperti Pasar Kendal, Pasar Cepiring dan Pasar Weleri.

“Kemacetan sudah terjadi di Alas Roban, Batang. Kendaraan merayap hingga masuk Kendal bahkan di Pantura Kendal kemacetan ada di sejumlah titik. Walaupun tidak total, tapi arus padat merayap,” kata Gunawan, pemudik asal Purwodadi, Grobogan.

Titik kemacetan di sepanjang pantura Kendal ada di Truko, Cepiring, Kota Kendal dan Kaliwungu hingga perbatasan dengan Kota Semarang. Ia mengaku sudah empat jam terjebak macet dari Batang hingga Kendal. “Jadi Kendal Batang ini sudah menghabiskan waktu empat jam lebih,” tambahnya.

Contra flow diberlakukan petugas Polres Batang, Polres Kendal dan Polrestabes Semarang untuk mengurai kemacetan panjang. Potongan di jalan pantura ditutup agar tidak menambah kemacetan akibat kendaraan berputar arah.

Apalagi kemacetan juga diperparah dengan kecelakaan di Pantura Brangsong Jumat (23/6) pagi. Akibat kepadatan arus lalu lintas, kendaraan menabrak becak yang hendak berputar arah. Korban mengalami luka ringan dan dilarikan ke rumah sakit.

Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi Jumat malam. Kini, polisi sudah menyiapkan jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan agar tidak semakin panjang. (bud/ida)