DEMAK-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Demak mendapatkan bantuan sebanyak 50 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) dari Satker Perhubungan Provinsi Jateng. Lampu-lampu LED dengan daya 90 watt tersebut dipasang di ruas Jalan Trengguli hingga Mijen sepanjang 3 kilometer. Karena itu, ada 50 titik yang menjadi konsentrasi pemasangan lampu tersebut.

Kepala DPU Doso Purnomo melalui Sekretarisnya, Masrukh mengatakan bahwa lampu dipasang di tepi jalan raya antara SPBU Bakung sampai dengan Polsek Mijen. “Pemasangan lampu ini penting agar tidak gelap,” katanya, kemarin.

Selain untuk ruas Trengguli-Mijen, tahun 2018 pihaknya juga akan memperoleh bantuan lagi untuk penerang Jalan Gajah-Karanganyar. Seperti diketahui, Jalan Pantura Demak bagian timur sepanjang 15 kilometer ini jika malam gelap gulita karena kurang penerang jalan. Selain itu, titik lainnya yang butuh PJU adalah Jalan Sedo dan Jalan Lingkar Selatan Demak. Di jalan lingkar meski sudah ada lampunya, namun kadang ada yang rusak karena tertabrak kendaraan.

“Tentu, kami alokasikan bertahap. Sementara ini, ada alokasi anggaran Rp 3 miliar dibagi untuk PJU di 6 kecamatan. Yakni, Kecamatan Sayung, Karangtengah, Demak Kota, Wonosalam, Gajah dan Karanganyar,” ujar Masrukh.

Sedangkan, untuk perawatan saja butuh anggaran Rp 1 miliar. Dana tersebut antara lain untuk biaya mengganti trafo yang terbakar maupun mengganti lampu yang mati. Yang menjadi perhatian lainnya adalah jalur selatan Demak, antara Mranggen hingga Karangawen. Untuk menerangi jalan provinsi ini perlu dukungan anggaran juga dari pemerintah. (hib/ida)