7.450 Pemudik Tiba di Bandara

670
BELUM PUNCAKNYA: Para pemudik turun dari pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Jumlah pemudik yang menggunakan pesawat tahun ini menurun. (Nurchamim/Jawa Pos Radar Semarang)
BELUM PUNCAKNYA: Para pemudik turun dari pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Jumlah pemudik yang menggunakan pesawat tahun ini menurun. (Nurchamim/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Jumlah penumpang pesawat pada masa mudik di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang mengalami penurunan dibanding jadwal reguler. Pada H-4 Lebaran 2017 atau, Rabu (21/6), jumlah kedatangan penumpang turun 5 persen dibanding H-4 Lebaran 2016.

Menurut data yang didapat dari Posko Mudik Bandara Ahmad Yani, jumlah kedatangan penumpang pada H-4 Lebaran 2017 sebanyak 7.450 orang dari 54 pesawat. Sementara untuk keberangkatan, tercatat 4.608 penumpang dari 49 pesawat. Angka ini menurun 15 persen dari H-4 Lebaran 2016 sebanyak 5.407 orang dari 55 keberangkatan pesawat.

Namun demikian PT Angkasa Pura II menambah 7 jadwal tambahan pemberangkatan pesawat dan kedatangan. Sehingga jumlah pemudik yang datang masih lebih tinggi dari tahun lalu. ”Total penumpang datang pada H-4 menjadi 8.319 orang, sementara keberangkatan penumpang mencapai 5.317 orang,” kata Koordinator Posko Agus Sina.

Artinya secara keseluruhan pemudik yang datang tumbuh 12 persen dari H-4 Lebaran 2016. Sementara keberangkatan turun 5 persen.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (22/6), area parkir mobil cukup penuh. Mobil mengantre untuk menjemput atau mengantarkan penumpang masuk di kawasan bandara. Sementara pemudik memenuhi ruang tunggu area depan.

Salah satu pemudik, Aryani, 49 mengaku akan berangkat menuju Banjarmasin dengan menumpang Lion Air pada H-3 kemarin. ”Kalau saya memilih sekarang pulang. Ini sih masih normal, ramainya masih sama seperti tahun kemarin. Mungkin nanti puncaknya pada H-2,” katanya. (dan/ric/ce1)