Pendaftaran Dibuka usai Lebaran

330
DIALOG: Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Masrukhi saat menyampaikan Pendapatnya dalam Diskusi ”Dapatkah Spirit Ramadan Meningkatkan Akuntabilitas Pejabat Publik”, kemarin. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIALOG: Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Masrukhi saat menyampaikan Pendapatnya dalam Diskusi ”Dapatkah Spirit Ramadan Meningkatkan Akuntabilitas Pejabat Publik”, kemarin. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng memastikan pendaftaran bakal calon gubernur-bakal calon wakil gubernur Jateng akan berlangsung secara terbuka. Pendaftaran akan dibuka usai Lebaran ini.

”Pendaftaran pasti ada, wong sudah ada beberapa calon. Pendaftarannya terbuka,” ujar Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto. Sebelumnya partai berlambang banteng moncong putih tersebut masih mengkaji opsi pendaftaran secara terbuka atau tertutup.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini menambahkan, pendaftaran akan dibuka usai Idul Fitri nanti. Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI ini menegaskan siapa pun boleh mendaftar untuk maju sebagai pasangan cagub-cawagub Jateng dari PDIP. ”Siapa pun boleh mendaftar, termasuk dari eksternal, semua mempunyai kesempatan yang sama,” ujarnya. Saat ini pihaknya masih fokus menata organisasi partai. Sebab organisasi yang solid akan ikut menentukan langkah pemenangan dalam pilgub.

Pacul menambahkan, pintu pendaftaran tidak hanya di DPD PDIP Jateng saja. Bakal calon juga bias mendaftar di DPP. Berikutnya semua bakal calon akan disurvei. Penentuan siapa pasangan yang mendapatkan rekomendasi maju Pilgub Jateng 2018 berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

DPD PDIP Jateng sendiri melarang kadernya melakukan sosialisasi persiapan pilgub menggunakan struktur partai. Pasalnya struktur merupakan pilar yang harus patuh pada aturan yang berlaku. Dan sejauh ini, partai belum memutuskan calon yang akan diusung. ”Silakan menaikkan popularitas dan elektabilitas, tapi jangan menggunakan struktur partai,” tandas Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti.

Sejauh ini ada beberapa kader PDIP yang disebut akan maju pilgub. Di antaranya petahana Ganjar Pranowo, Bupati Kudus Musthofa, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, hingga Bupati Pemalang Junaedi.

Agustina menjelaskan pihaknya tengah mempersiapkan pendaftaran yang akan dimatangkan usai Lebaran nanti. Pihaknya juga tengah roadshow mempersiapkan kelengkapan organisasi, menghadapi hajatan besar pilgub.

Pemilihan waktu yang dilaksanakan setelah Lebaran menurutnya untuk menghormati kesibukan masyarakat yang mempersiapkan Idul Fitri. Pihaknya juga akan membuka pendaftaran secara terbuka sesuai amanat undang-undang. (ric/ce1)