Remy Sylado Tularkan Imu Teater

438
TULARKAN ILMU : Remy Sylado dan Jose Rizal Manua menularkan ilmunya di hadapan anak-anak Teater DOM’S SMP PL Domenico Savio Semarang. (Muh Zaenuri)
TULARKAN ILMU : Remy Sylado dan Jose Rizal Manua menularkan ilmunya di hadapan anak-anak Teater DOM’S SMP PL Domenico Savio Semarang. (Muh Zaenuri)

SEMARANG – Teater Dom’s SMP PL Domenico Savio Semarang kedatangan tamu spesial. Pasalnya, dua maestro seni tanah air yakni sastrawan sekaligus alumni SMP Domenico Savio Remy Sylado dan pendiri teater anak sekaligus pengasuh teater tanah airku, Jose Rizal Manua berkesempatan menyambangi markas Teater DOM’S SMP Domenico Savio baru-baru ini.

Kesempatan ini tak disia-siakan begitu saja bagi-anak-anak Teater DOM’S Semarang untuk belajar secara langsung kepada para maestro seni indonesia. Dalam tatap muka  dengan anak-anak teater DOM’S, Remy Sylado beserta Jose Rizal berkesempatan menularkan pengalaman dan karya-karyanya yang tentunya sudah diakui dalam dunia  sastra dan teater baik di dalam negeri maupun luar negeri.  Para peserta tampak antusias dan mendengarkan  dengan seksama  wejangan-wejangan yang disampaikan oleh sang maestro.

Pelatih Dom’s Teater Asa Jatmiko mengatakan, pihaknya  selalu  menyemangati anak-anak untuk berpartisipasi menciptakan karya-karya sastra yang lebih baik. “Pemahaman tentang sastra yang baik memiliki andil dalam membangun bangsa  ini menjadi  bangsa yang lebih beradab dan berbudaya,” katanya.

Tidak hanya  berbagi ilmu dengan anak-anak Teater DOM’S, Remy Sylado dan Jose Rizal Manua  pada waktu yang hampir bersamaan juga memeriahkan “Malam Sastra Angkringan Budaya” yang diselenggarakan Teater DOM’S baru-baru ini di halaman Gereja Katedral Semarang.

Ada musikalisai puisi, teatrikalisasi puisi oleh anak-anak Teater DOM’S, monolog dan puisi oleh Jose Rizal Manua sekaligus mereview penampilan dari anak-anak Teater DOM’S. Selain itu itu juga diisi oleh para penyair. Diantaranya Asyari Muhammad (Jepara), Asa Jatmiko (Kudus) dan Indri Yuswandar (Semarang).

Humas SMP Domenico Savio Semarang Christina Sri Munarti mengatakan, pendidikan dan pembelajaran merupakan bagian terpenting di SMP PL Domenico Savio. Pihaknya berkomitmen memberikan pendidikan secara akademis dan non akademis secara seimbang hal tersebut dibuktikan salah satunya dengan adanya kegiatan seni seperti “Malam Sastra dan Angkringan Budaya” ini. Dengan keseimbangan tersebut diharapkan dapat mengakomodir Multiple Inteligent yang dimiliki oleh setiap individu. (zen)