Rakorcab PDI Perjuangan Munculkan Satu Nama Cabub

2198
IKUTI MEKANISME : Ketua DPC PDI Perjuangan Saryan Adi Yanto saat berpidato dalam acara Rakorcab PDI Perjuangan di Panti Marhaen Prumpung Muntilan, sore tadi.

MUNGKID— Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang merekomendasikan satu nama calon bupati Magelang yang diajukan oleh pengurus Anak Cabang (PAC). Dalam rapat yang dihadiri Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Wuryanto tersebut kader berharap ada pergantian Bupati┬áMagelang.

Masing-masing perwakilan Ketua PAC di tiap dapil maju memberikan surat pernyataan dan rekomendasi hasil rapat di tingkat pengurus ranting. Seluruh perwakilan menghendaki adanya perubahan di Kabupaten Magelang.

“Melihat kondisi yang ada di Kabupaten Magelang dan kondisi internal DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang kami menghendaki adanya perubahan kader yang nanti di usung dalam Pilkada 2018,” kata Siswaji perwakilan Dapil I.

Hal yang sama diungkapkan oleh Safii perwakilan Ketua PAC Dapil II. Hasil rapat internal ranting dan PAC memutuskan untuk mengusung kader terbaik maju dalam Pilkada Kabupaten Magelang. “Kami menghendaki Ketua DPC Kabupaten Magelang yang maju sebagai Calon Bupati Magelang nantinya,” papar dia.

Edi Gunawan perwakilan Dapil III menambahkan seluruh kader di dapilnya menyatakan siap tegak lurus terhadap perintah partai. Namun, kader menyatakan jika perlu adanya perubahan mendasar kepemimpinan di Kabupaten Magelang. “Seluruh pengurus dan kader satu suara mengusulkan Saryan Adi Yanto,” paparnya disambut tepuk tangan ratusan pengurus yang hadir.

Perwakilan Ketua PAC se Dapil IV Suwandi menambahkan kader dan pengurus partai merasa tidak pernah dilibatkan dalam pengambilan keputusan pemeritah daerah. Meskipun saat ini kepala daerah yang menjabat merupakan kader PDI Perjuangan.

“Harmonisasi antara kepala daerah yang merupakan kader PDI Perjuangan dengan partai tidak terlihat,” papar Widiyanto Perwakilan Ketua PAC Dapil V.

Hartanto, perwakilan Ketua PAC Dapil VI menambahkan usulan yang diajukan ini dalam rangka perbaikan Kabupaten Magelang dan arah gerakan partai kedepan yang lebih baik. Untuk itu, kader dan pengurus di Dapilnya juga mengajukan usulan Ketua DPC Saryan Adi Yanto sebagai Calon Bupati Magelang dari PDI Perjuangan.

Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Wurayanto mengatakan usulan tersebut bisa diterima dan sudah disampaikan kepada DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Hanya saja, dia mengatakan keinginan tersebut harus diimbangi dengan kesiapan partainya dalam memenangkan calon yang akan diusung. “Karena kalau kita sudah menyatakan perang ya harus menang,” paparnya.

Untuk itu, katanya, DPD Jawa Tengah rajin turun ke daerah daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada 2018. “Sebelum kita tentukan nama yang akan diusung kita inginkan syarat objektif partai terpenuhi dulu. Bagaimana soliditas organisasinya, sistem komandonya seperti apa dan juga dukungan dari luar partai,” paparnya.

Bambang menambahkan meski kader sudah menentukan keinginannya dalam Pilkada Kabupaten Magelang, mekanisme partai harus tetap dilalui. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang diminta segera mengumumkan pendaftaran setelah Idul Fitri nanti. “Silahkan mendaftar. Siapa saja boleh, termasuk Incumbent,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto menyatakan proses dan mekanisme pencalonan partai tetap harus dilalui. Dia juga mengajak seluruh kader untuk tegak lurus mengikuti keputusan partai. “Termasuk dalam pencalonan Pilkada nanti,” terang dia. (vie)