Tempatkan Polpar di Objek Wisata

1436
RAMAH: Anggota Polisi Pariwisata dengan seragam khusus dan bertugas di objek-objek wisata. (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)
RAMAH: Anggota Polisi Pariwisata dengan seragam khusus dan bertugas di objek-objek wisata. (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)

KEBUMEN – Polres Kebumen kini memiliki Polisi Pariwisata (Polpar) yang ditugaskan di objek-objek wisata. Polpar di bawah Unit Pam Obvit Satuan Sabhara Polres Kebumen dengan Kanit (Kepala Unit) Aiptu Laude Uke.

Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Krida Risanto menerangkan, seragam Polpar memang berbeda dari anggota polisi lain. Selain dasi warna merah, di ujung lengan baju dan penutup kantong bagian dada seragam juga berwarna merah. “Seragam ini lebih bersahabat dan tidak terlihat formal sebagai aparat penegak hukum,” ujar Krida.

Kegiatan utama anggota Polpar Sat Sabhara Polres Kebumen lebih dinamis. Mereka berpatroli ke lokasi wisata, utamanya objek wisata dan tempat penunjang kegiatan wisata, karena di Kabupaten Kebumen sangat banyak objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

Anggota Polpar Polres Kebumen yang bertugas di lokasi wisata tidak sekadar mengamankan pengunjung namun punya tugas lain. “Selain memberi rasa aman dan nyaman anggota juga berkewajiban memberi informasi serta menjelaskan terkait objek wisata tersebut. Apalagi ini menjelang Lebaran, pasti objek wisata akan dipadati oleh wisatawan domestik dari dalam maupun luar kota.” (*/jpg/ton)