Sita Puluhan Botol Minol

460
BARANG BUKTI: Petugas menunjukkan berbagai jenis minuman beralkohol yang berhasil disita. (IST)
BARANG BUKTI: Petugas menunjukkan berbagai jenis minuman beralkohol yang berhasil disita. (IST)

SALATIGA – Puluhan botol minuman beralkohol (minol) berbagai merek disita dalam operasi gabungan yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga. Kegiatan yang dilaksanakan mulai Selasa (12/6) sampai Kamis (14/6) di berbagai tempat hiburan di wilayah Kota Salatiga bertujuan untuk menjaga ketertiban umum, terutama pada Ramadan ini.

Plt Kepala Satpol PP Kota Salatiga Kusumo Aji menjelaskan, operasi ketertiban kota nonyustisi ini tidak hanya menyasar penjualan minuman beralkohol, tapi juga memeriksa identitas penduduk (KTP elektronik) serta jam operasional tempat hiburan. “Operasi gabungan ini adalah penertiban terhadap pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 2016 tentang pengawasan dan pengendalian peredaran dan penjualan Minuman Beralkohol dan juga Perda No 13 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan,” jelas Kusumo Aji.

Barang bukti yang disita adalah 18 botol minol berbagai merek, 3 botol mineral tanggung minol oplosan, 1 jeriken besar dan 1 ember tuak siap edar. Selain itu juga ada 45 warga yang belum mengurus KTP-el atau KTP sudah kedaluwarsa.

“Untuk minuman beralkohol diserahkan kepada Polres Salatiga pada hari Jumat (16/6) untuk selanjutnya akan dimusnahkan pada Senin (19/6),” jelas Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Wali Kota (Perwali) Satpol PP Kota Salatiga, Celso Edgar. Dijelaskan juga, untuk pelanggaran KTP, warga mendapatkan pembinaan di kantor Satpol PP untuk segera mengurus kartu identitasnya. (sas/ton)