Lumpuhkan Teroris Pembajak Bus

1001
SIMULASI: Tim Penanggulangan Teror (Gultor) dari Yonif Raider 400/Banteng Raiders saat melumpuhkan teroris pembajak bus di kawasan Tugu Muda, Semarang. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIMULASI: Tim Penanggulangan Teror (Gultor) dari Yonif Raider 400/Banteng Raiders saat melumpuhkan teroris pembajak bus di kawasan Tugu Muda, Semarang. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Bunyi sirene mengejutkan warga di kawasan Tugu Muda, Jumat pagi (16/6). Dua mobil dengan senjata utama Browning Kaliber 12,7 lengkap dengan peluru yang ditumpangi sekelompok pasukan taktis melaju kencang mengejar bus yang melaju kencang dari dalam Lawang Sewu. Rupanya kegaduhan tersebut dipicu oleh aksi kelompok teroris yang menyandera seorang pejabat. Tak butuh waktu lama bagi pasukan taktis untuk melumpuhkan teroris yang membajak minibus dan menyelamatkan sandera.

Aksi tersebut merupakan simulasi pembebasan sandera teroris, pasukan taktis dengan sebutan tim Penanggulangan Teror (Gultor) dari Yonif Raider 400/Banteng Raiders dengan atribut lengkap bersenjata menggunakan sejumlah motor dan dua mobil.

”Ini dalam rangka memelihara kemampuan para Raider secara rutin setiap tahun,” ungkap Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, Komandan Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raiders yang bermarkas di Srondol, Semarang.

Dari 350 personel yang dimiliki, sedikitnya 20 pasukan Raider yang diterjunkan dalam gelaran simulasi pembebasan sandera pagi itu (kemarin, Red).

Skenario yang disusun oleh Arfan adalah dengan menempatkan seorang pejabat di Lawang Sewu yang sedang disandera oleh gerombolan teroris.

”Kita lalu masuk senyap ke sana untuk membebaskan tawanan sekaligus mengejar musuh yang langsung dilumpuhkan. Makanya, kita mengejar memakai mobil taktis,” katanya.

Dalam setiap operasi pembebasan seorang tawanan, personelnya memakai senapan laras panjang MP5. Latihan tersebut, lanjut Arfan, rutin digelar dua kali setahun. Selain memelihara kemampuan tempurnya, para Raider juga terus berupaya memantapkan kekompakannya. (tsa/aro/ce1)