Pohon Tumbang Timpa Mobil

548
RUSAK: Petugas BPBD tengah mengevakuasi pohon tumbang di depan Kantor Kominfo Temanggung yang menimpa mobil hingga ringsek. (Ahsan fauzi/radar kedu)
RUSAK: Petugas BPBD tengah mengevakuasi pohon tumbang di depan Kantor Kominfo Temanggung yang menimpa mobil hingga ringsek. (Ahsan fauzi/radar kedu)

TEMANGGUNG- Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kota Temanggung, Senin (12/6) sore mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik. Salah satu yang cukup serius di halaman kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Temanggung Jalan Jenderal A Yani Temanggung sekitar pukul 15.42 WIB.

Pohon akasia setinggi 30 meter roboh menimpa sebuah Colt Zebra dengan nopol AA 1826 QY yang diparkir di halaman kantor tersebut. Mobil tersebut milik Tur Susanto warga Kampung Gendengan Kelurahan Temanggung I RT 4 RW 4 Temanggung.

Saksi mata, Kokok Adhi Wiratmoko, pegawai Dinas Kominfo Kabupaten Temanggung menuturkan, saat itu hujan lebat dan angin kencang. Tiba-tiba ia mendengar suara ‘der’ yang keras disusul suara ‘bruk’.

“Setelah saya lihat, ternyata pohon tumbang menimpa mobil yang terparkir di halaman kantor dan di bagian ujung pohon menimpa atap kantor. Saya sempat panik, lalu saya menghubungi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung,” ucapnya di sela-sela evakuasi, kemarin.

Tur Susanto mengaku sedih atas musibah yang menimpanya. “Memang saya sering parkir di sini karena di rumah tidak punya tempat parkir. Kebetulan mobil ini rusak, belum sempat saya servis, eh malah tertimpa pohon,” ucap pria yang sehari-hari berjualan buah di kawasan Alun-alun Temanggung itu.

Susanto melanjutkan, karena mobil sedang rusak, ia memakai mobil yang satunya untuk berjualan. “Ke depan, tidak akan saya ulangi lagi memarkir mobil di tempat ini. Kerugian material yang saya terima, saya belum bisa mengira-mengiranya” ucapnya.

Sementara, Kepala BPBD Temanggung Agus Sudaryono menuturkan, selain di halaman kantor Dinas Kominfo Temanggung, pohon tumbang juga terjadi di halaman rumah dinas (rumdin) Sekda Temanggung Bambang Arochman, Perumahan Kapling Banyurip Temanggung dan Pandean Temanggung. (san/ton)