Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Pramono Edhie Wibowo (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Pramono Edhie Wibowo (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Partai Demokrat (PD) mempertimbangkan tiga nama kader untuk dicalonkan dalam Pilgub Jateng 2018. Namun partai berlambang bintang mercy tersebut masih enggan menyebutkan nama-nama itu karena dianggap terlalu dini.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Pramono Edhie Wibowo di sela persiapan kegiatan Safari Ramadan PD di Gumaya Tower Hotel Semarang, Senin (12/6). ”Kalau di dalam Demokrat yang kelihatan dua atau tiga orang lah. Tetapi  saya tidak berani menyampaikan karena saya belum ketemu ini,” paparnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu menegaskan, partainya lebih mengutamakan kader internal untuk dicalonkan. Karena itu dia meminta Ketua-Ketua DPC Partai Demokrat di seluruh kabupaten/kota di Jateng dan para kader untuk mengusulkan figur yang tepat. ”Nanti akan ada survei untuk mengukur popularitas dan elektabilitas masing-masing figur,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pramono menegaskan, partainya tidak akan mengorbitkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk bertarung memperebutkan kursi pemimpin Jateng. Dia lebih memprioritaskan figur yang asli kelahiran Jateng. ”AHY ini kan sosok anak muda yang bergabung di partai. Kami ingin mengajak anak muda tidak alergi pada partai,” katanya.

Pramono menjelaskan, pihaknya tengah menjalin komunikasi dengan seluruh partai politik (parpol). Menurutnya, tidak ada batasan dengan partai mana akan menjalin koalisi. Selama masih satu visi dan misi, koalisi tidak diharamkan. ”Kami sadar hanya punya sembilan kursi di DPRD Jateng. Jadi harus membangun koalisi dengan partai lain,” katanya.

Ditanya apakah partainya akan mengusung Ganjar Pranowo jika petahana tersebut tak diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono belum bisa memastikan. ”Kalau misal (mengusung) incumbent, saya juga tidak menolak Pak Ganjar, kan Demokrat tidak kuat sendirian, tidak bisa semau-maunya sendiri. Jadi harus sharing, saling menguatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PD Jateng, Dani Sriyanto menjelaskan, hari ini, Selasa (13/6), Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Semarang. Kedatangan mantan presiden itu dikemas dalam rangkaian Safari Ramadan. Istri SBY, Ani Yudhoyono dan AHY juga akan mendampingi mantan Presiden RI tersebut.

”Nanti DPD dan seluruh Ketua DPC di Jateng-DIJ akan dikumpulkan. Mereka akan mengusulkan figur yang siap diajukan di Pilgub Jateng dan Pilkada di 7 daerah di Jateng,” terangnya. (amh/ric/ce1)