BIKIN CERIA: Suasana Ramadan Ceria yang digelar UM Magelang dan MDMC Kabupaten Magelang di posko pengungsian korban banjir di Kecamatan Grabag. (DOK HUMAS UM MAGELANG)
BIKIN CERIA: Suasana Ramadan Ceria yang digelar UM Magelang dan MDMC Kabupaten Magelang di posko pengungsian korban banjir di Kecamatan Grabag. (DOK HUMAS UM MAGELANG)

MAGELANG–Selama tiga hari berturut-turut, mulai Selasa hingga Kamis (6-8/6), UM Magelang beserta Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Magelang menggalang semangat untuk membantu warga korban banjir Kecamatan Grabag yang masih mengungsi di rumah kerabat mereka. Ketua Posko Kegiatan Ns Margono MKep mengatakan, selama tiga hari sebanyak 150 personel mengadakan berbagai kegiatan untuk mendukung warga di Dusun Kaligading, Sambungrejo, Kalisapi, Karanglo, dan Tlumas.

“Di lima lokasi tersebut kami melakukan berbagai kegiatan seperti lomba yang ditujukan untuk anak-anak, pengajian serta buka puasa bersama,” ujar Margono.

Margono menambahkan, UM Magelang juga menyalurkan bantuan berupa 400 paket sembako senilai Rp 70 juta kepada warga di lima lokasi tersebut. Bantuan tersebut berasal dari warga Muhammadiyah baik PCM, PCA maupun sekolah Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Magelang.

Selain itu, UM Magelang juga memberikan pendampingan trauma healing kepada korban pascabencana. Adapun 150 personel yang diterjunkan, lanjut Margono, terdiri dari relawan MDMC, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, serta motivator antara lain Ustadz Walyono dan Ustadz Komarudin.

Kepala Dusun Tlumas Suadi menyatakan rasa syukur atas bantuan yang diberikan kepoada warganya, terutama dalam bulan Ramadan ini. Ia yakin bahwa semua kegiatan yang dilakukan para relawan sangat bermanfaat serta dapat membantu warga, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. (*/sct/ton)