Puasa, Puluhan Polisi Gelar Aksi Bersih Masjid

642
BERSIH-BERSIH : Beberapa anggota Polres Semarang terlihat membersihkan karpet Masjid Istiqomah Jalan Protokol Ungaran, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERSIH-BERSIH : Beberapa anggota Polres Semarang terlihat membersihkan karpet Masjid Istiqomah Jalan Protokol Ungaran, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

UNGARAN–Memaknai bulan Ramadan penuh berkah, puluhan anggota dari Polres Semarang menggelar aksi bersih-bersih masjid, Jumat (9/6) kemarin, pukul 08.00. Kali ini, masjid yang dibersihkan yaitu Masjid Istiqomah Jalan Protokol Ungaran.

Aksi bersih-bersihpun dilakukan dengan membagi menjadi beberapa kelompok. Ada kelompok yang khusus membersihkan tempat wudhu, mengepel lantai tangga utama, membersihkan mihrab, serta membersihkan karpet di ruang salat utama. “Sebagian juga menyapu halaman masjid,” ujar Kapolres Semarang, AKBP V Thirdy Hadmiarso.

Karena adanya aksi tersebut, pemandangan di Masjid Istiqomah terlihat berbeda pada hari itu. Aksi tersebut melibatkan beberapa personel dari semua bagian. Apabila setiap hari melihat polisi lalulintas mengatur jalan, hari itu mereka membersihkan debu karpet masjid.

Dikatakan Thirdy, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-71. “Kebetulan, momentumnya bersamaan dengan bulan suci Ramadan, sehingga salah satu kegiatannya membersihkan masjid,” kata Thirdy.

Menurut Kapolres, dengan lingkungan masjid yang bersih, akan memberikan kenyamanan bagi umat atau jamaah yang akan melaksanakan kewajiban ibadahnya. Harapannya, ibadah di bulan yang penuh berkah ini akan semakin khusyuk. “Dengan lingkungan masjid yang bersih dan asri, diharapkan membuat umat semakin bersemangat untuk memakmurkan masjid di bulan Ramadan ini,” katanya.

Kasubag Humas Polres Semarang, AKP Teguh Susilo Hadi menambahkan, kegiatan membersihkan masjid oleh anggota Polres Semarang tidak hanya dilaksanakan di Masjid Istiqomah. Pada saat yang sama, juga dilaksanakan di lingkungan Masjid Agung Al Mabrur, Jalan Ahmad Yani, Sidomulyo, Ungaran. Seperti halnya di Masjid Istiqomah, kegiatan ini difokuskan untuk membersihkan seluruh lingkungan masjid.

Dalam kegiatan tersebut Polres Semarang menerjunkan ratusan anggotanya. “Selain membersihkan masjid, kegiatan baksos dalam rangka HUT Bhayangkara ini dilanjutkan dengan anjangsana dan menjenguk anggota Polres Semarang yang saat ini sedang sakit,” lanjut Teguh.

Sementara itu, salah satu anggota Satlantas Polres Semarang, Bripka Eny Ariyani mengatakan, kegiatan membersihkan masjid dimulai pukul 07.00. Meski banyak anggota yang melaksanakan ibadah puasa, mereka tetap semangat mengikuti kegiatan baksos. (ewb/ida)