Siap Kembangkan Ilmu Astronomi

539
SMP Islam Terpadu PAPB Semarang
SMP Islam Terpadu PAPB Semarang
SMP Islam Terpadu PAPB yang beralamat di Jalan Panda Barat No 44 Palebon Pedurungan Semarang berdiri pada 2004. Sekolah di bawah naungan Yayasan Amal Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) Semarang ini sekarang telah berkembang dengan pesat. Dengan empat gedung yang dimiliki, aula sekolah berkapasitas 300 orang, juga dilengkapi dengan laboratorium komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), serta yang siap beroperasi dalam jangka mendatang adalah laboratorium astronomi.
Fasilitas pendidikan berstandar nasional yang ada sengaja diberikan agar para guru dan peserta didik SMP IT PAPB dapat merasa nyaman saat melakukan kegiatan belajar-mengajar. Sehingga nantinya para pengajar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan memenuhi dan memfasilitasi para siswa untuk menjadi generasi penerus bangsa berilmu dan berakhlakul karimah.
Adapun prestasi dan penghargaan yang diperoleh oleh para siswa, di antaranya pernah menjuarai lomba baca puisi Islam, juara story telling, juara inovasi praktikum MIPA, pencak silat, pramuka, debat bahasa Indonesia, tembang macapat dan roket air. Nah, khusus roket air ini, siswa dan guru SMP IT PAPB pernah juara mulai tingkat kota, provinsi, nasional bahkan internasional.
Waka Kesiswaan sekaligus Pembimbing Ekskul Roket Air, Mulyono SSi, mengatakan, pengembangan astronomi ini adalah bagian dari capaian prestasi SMP IT PAPB yang sejak 2011 hingga kini total sudah sebanyak 46 perolehan trofi dan penghargaan untuk Tim Roket Air. Perolehan itu lewat berbagai event baik tingkat kota, provinsi dan nasional. Tidak itu saja, acara prestise Water Rocket Event Asia Pasific Space Agency Forum Ke-21 (APRSAF-21) di Jepang pun diikuti pada 2014.
”Alhamdulillah berkat capaian itu semua, kami memperoleh Anugerah Jawa Pos Radar Kedu-Radar Semarang 2017 kategori School Developing Science and Technology Through Water Rocket. Rasa syukur kami ucapkan atas apresiasi tersebut. Semoga lebih membangkitkan semangat anak dalam latihan dan inovasi terlebih pasca memperoleh anugerah ini. Tak lupa saya berdoa, semoga suatu saat kami bisa membangun pusat studi roket,” paparnya.
Kepala SMP IT PAPB Drs H Ramelan SH MH mengatakan, selama ini anak didiknya selain diberikan pembiasaan melalui teori dan praktik, pihaknya juga memberikan perhatian khusus terhadap karakter siswa melalui pembiasaan di sekolah. Misalnya, pembiasaan keagamaan. Pembiasaan keagamaan tersebut di antaranya bagi setiap siswa ketika bertemu harus saling bersalaman. Selain itu, saat pagi hari, siswa dianjurkan untuk membaca Alquran bersama sebelum proses belajar mengajar dimulai. Bahkan para siswa pun dibiasakan untuk melaksanakan salat duha, salat duhur dan salat asar berjamaah. “Dengan demikian, kami harap bisa membentuk peserta didik yang unggul dalam prestasi, agamis, berbudi pekerti luhur, disiplin tinggi, dan berapresiasi yang tinggi, serta mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan zaman,” katanya.
Terkait pemberian anugerah dari Jawa Pos Radar Kedu dan Radar Semarang, ia berharap penghargaan tersebut bisa memicu prestasi para siswa maupun guru lainnya. “Dan yang lebih penting, ke depan pengembangan sains dan teknologi di SMP IT PAPB akan terus kami intensifkan sarana dan prasarananya, tanpa meninggalkan pembentukan akhlak mulia anak,” ujarnya. (*)