BERBAGI : Anggota Polsek Pekalongan Timur Polres Pekalongan Kota saat membagikan menu berbuka puasa bagi tukang becak yang mangkal di sekitar Mapolsek. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

PEKALONGAN-Aparat Polisi Polsek Pekalongan Timur, Polres Pekalongan Kota mengajak pengemudi angkutan roda tiga tradisional atau becak tersebut buka bersama (Bukber) di Mapolsek setempat, di Jalan Sultan Agung Kota Pekalongan. Selain ingin berbagi, juga ingin menjalin kearaban di antara mereka.

“Mereka ini dekat dengan lingkungan kami. Setiap hari mangkal dan naik becak di sekitar Mapolsek, jadi kami ingin berbagi dan mengakrabi mengakrabi mereka,” kata Kapolsek Pekalongan Timur Kompol Agus Riyanto, Selasa (6/6) kemarin.

Pada kesempatan kemarin, sekurangnya 50 tukang becak yang setiap hari mangkal di Jalan Hasanudin, Jalan Sultan Agung dan Jalan Bandung Kota Pekalongan diajak buka puasa bersama. “Dibanding berbagai profesi lain, tukang becak kami pilih karena secara kemanusiaan kami peduli dengan nasib dan kesejahteraannya. Kadang mereka dapat penumpang, kadang tidak,” ucap Kapolsek.

Selama Ramadan, jelasnya, Polsek juga menggelar berbagai kegiatan. Selain mengajak bukber kaum duafa dan santunan anak yatim, setiap anggota juga melakukan Tarawih Keliling (Tarling). Dengan tujuan memantau lingkungan sekitar dan saling tukar informasi dengan masyarakat. Baik masalah keamanan maupun sosial. “Jumat besok, kami akan berbagi menu takjil kepada warga yang melintas di depan Mapolsek. Selama Ramadan, beberapa kali akan kami gelar,” tandas Kapolsek.

Ahmad, 50, salah satu tukang becak mengaku senang diajak bukber oleh anggota Polsek Pekalongan Timur. Dirinya bisa mendapatkan buka gratis hari tersebut. “Semoga sering-sering ada acara seperti ini. Biar saya sering dapat makan gratis, karena makanan saat ini mahal,” ucapnya riang. (han/ida)