Penemu Aplikasi Kursus Bahasa Asing Online

863
Tyovan Ari Widagdo, CEO Bahasa.Com
Tyovan Ari Widagdo, CEO Bahasa.Com
Tyovan Ari Widagdo, pemuda asal Wonosobo, cukup pintar menguasai bidang Teknologi Informasi. Alumni Binus University Jakarta ini, menemukan berbagai aplikasi. Salah satunya, kursus bahasa asing secara online bernama bahaso.com.
Melalui platform media sosial bahaso.com, Tyovan membuka peluang bagi warga Indonesia yang ingin menguasai bahasa Inggris, tidak perlu repot. Karena kursus bisa dilakukan di mana saja. Terpenting, peserta kursus memiliki ponsel atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet. “Aplikasi ini saya buat mempersiapkan Indonesia menghadapi AFTA,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kedu.
Passion Tyovan di bidang teknologi, sudah tampak sejak duduk di SMA 1 Wonosobo. Ketika itu, ia mampu memproduksi virus, juga membuat aplikasi chating sederhana. Memasuki dunia kampus, prestasi pemuda kelahiran 12 Januari 1990 ini semakin meroket. Ia pernah menjadi delegasi Indonesia pada ajang Summit dan Kompetisi IT di Stanford University, California, USA.
Pada even berkelas internasional itu, Tyovan berhasil meraih gelar lima besar terbaik dunia. Stanford merupakan salah satu kampus terbaik di dunia. Dari kampus inilah, raksasa IT dunia, Google dan Apple, dilahirkan. Pada kompetisi IT di Stanford University, Tyovan bersaing dengan 38 delegasi dari negara-negara di seluruh dunia. Hasilnya, dia mampu meraih predikat lima besar mahasiswa terbaik dunia dalam penguasaan bidang IT.
Sulung dua bersaudara pasangan Doto Hermawan dan Suprapti ini berkisah, selain mengikuti kompetisi, pada acara yang dihelat selama sebulan sejak 3 Maret 2013, juga melakukan riset ke sejumlah perusahaan IT di Silicon Valley. Beberapa di antaranya berkunjung ke kantor pusat Google, NeuroSky, Facebook, Microsoft dan beberapa perusahaan IT lainnya.
Selain mengikuti sejumlah cara, selama di USA, Tyovan bertemu dengan orang-orang hebat di bidang IT. Di antaranya, bertemu dengan mantan CTO Facebook Adam D’Angelo yang merupakan 6 orang tercerdas di dunia teknologi yang kini mendirikan perusahaan IT bernama Quora. Juga bertemu dengan Guy Kawasaki, salah seorang di balik suksesnya Apple dan sekarang menjadi petinggi Google Mobile, Motorola.
Sepulang dari Amerika, pada 2014, Tyovan memulai babak baru. Ia merintis aplikasi Bahaso.com. Aplikasi ini sudah beroperasi. Bahkan, telah memberikan beasiswa kepada banyak pihak. “Saya ingin generasi milenial Indonesia menguasai bahasa asing, sehingga bisa menguasai dunia.”
Prestasi yang diraih oleh Tyovan saat ini, bukan satu-satunya. Sebelumnya, dia tercatat sebagai juara pada IT Summit Asia Conference 2012. Sejumlah karya dalam bidang IT juga pernah diciptakan. Di antaranya, phone chat, aplikasi yang bisa dipakai di HP-HP berjenis fitur phone.
Kemudian, dr Virus Antivirus, aplikasi untuk menghilangkan virus. Berikutnya, Efarmmerce aplikasi yang berbasis pertanian. Bahkan, pada pertengahan 2013 lalu, menciptakan mobile application untuk Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhono. “Mobile application merupakan aplikasi sistem informasi koordinasi dan pelaporan kepresidenan, di mana aplikasi tersebut ditanam di-IPAD-nya Presiden. Untuk bayaran dari Pak SBY, rahasia,” kata Tyovan, sambil terkekeh. (ali/isk)