Bekerja Cermat dan Penuh Tanggung Jawab

862
Ana Marwiati, SH, M.Hum
Ana Marwiati, SH, M.Hum
Bagi Ana Marwiati, menjalankan tugas sebagai notaris memerlukan ketelitian, kecermatan, bertindak objektif, adil, dan konsisten sesuai perundang-undangan yang berlaku, UU Jabatan Notaris, kode etik, serta kebijakan organisasi dengan menjunjung tinggi kejujuran dan komitmen.
Tidak kalah penting, selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab, berdasarkan kompetensi yang tinggi untuk mencapai kinerja yang baik. “Harus mempunyai integritas dan profesionalisme,” ucap notaris perempuan yang setiap hari berkantor di ruko Metro Square Blok D Nomor 1 Jalan Mayjend Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang.
Alumnus Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta dan Spesialis Pendidikan Notariat Universitas Gajah Mada (UGM) ini berprinsip dan memiliki tekad bahwa bekerja tidak hanya memburu materi semata. Bagi Ana, bisa menolong masyarakat yang membutuhkan jasanya hingga selesai dan tuntas—serta tepat waktu—merupakan kepuasan batin tersendiri. “Bagi masyarakat yang tidak mampu dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, untuk jasa akan kami gratiskan,” ungkap alumnus Pasca Sarjana Hukum Bisnis Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini.
Istri Kombes (Pol) Drs. Subandi, SH. M.Hum ini berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada kliennya. Demi memberikan layanan prima, ia membekali stafnya untuk selalu update UU serta aturan-aturan terkini. Sehingga mereka mampu turut serta membantu dalam pelayanan di kantornya. Seperti dalam mengurus proses dari klien yang masuk di kantornya, baik kepengurusan proses peralihan hak atas tanah, pemasangan hak tanggungan, proses pendirian badan hukum, serta badan usaha lainnya, selalu dapat dikerjakan dengan tepat waktu, tidak bertele-tele, ataupun mempersulit.
“Prinsipnya, kalau bisa cepat kenapa harus lama. Kami membuka konsultasi via phone sepanjang waktu bahkan di luar jam kerja, demi dapat memberikan kepuasan pelayananan kepada kliennya,” ucap perempuan murah senyum ini.
Anggota Dewan Kehormatan Daerah Notaris Kabupaten Magelang ini, dalam memimpin di kantornya, selalu mengedepankan kebersamaan serta kekompakan tim. “Saya selalu menekankan kepada semua staf untuk bekerja profesional, tanggung jawab, totalitas, ramah dan santun pada klien. Jangan sampai klien yang datang kecewa karena pelayanan awal dari staf yang kurang baik.”
Perempuan asal Bantul ini mengemukakan, hingga kini sudah banyak masyarakat yang mempercayakan jasanya. Baik warga sekitar maupun dari luar kota atau luar daerah. Kebanyakan mereka dapat info melalui getok tular, dari mulut ke mulut dari klien yang pernah proses di kantornya. “Bahwa pelayanan di kantor notaris harus selalu mengedepankan legalitas tanpa bisa ditawar. Karena hal itu yang paling utama dan merupakan prinsip yang harus dipedomani,” tutup ibu satu anak ini. (san/isk)