Jalur Tol Batang-Semarang Belum Siap

1432
CEK LANGSUNG : Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono bersama jajarannya didampingi oleh penanggung jawab tol Semarang Batang saat meninjau Jembatan Kaliboyo. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
CEK LANGSUNG : Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono bersama jajarannya didampingi oleh penanggung jawab tol Semarang Batang saat meninjau Jembatan Kaliboyo. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG–Jalur tol Trans Jawa di sepanjang Kabupaten Batang, baik Pemalang Batang Tol Road (PBTR) maupun Semarang Batang Tol Road (SMTR) hingga saat ini masih belum siap untuk dilalui kendaraan roda empat. Selain masih ada kendala, beberapa jembatan belum tersambung. Bahkan, di Jembatan Kaliboyo Kecamatan Tulis, sebagian masih berupa jalan tanah belum dicor.

Hal tersebut, diketahui saat rombongan Kapolres Batang AKBP, Juli Agung Pramono beserta jajaran perwira setempat menyusuri jalur tol Batang, pada Jumat sore hingga malam (1/6) kemarin.

“Kami tadi mengecek jalur tol Batang, masih banyak lokasi yang belum bisa dilalui jalur roda empat. Namun tetap kami tunggu hingga beberapa hari ke depan atau H-7 Lebaran sesuai janji pemilik proyek,” ujarnya, Jumat malam (1/6) kemarin.

Dalam cek tol kemarin, Kapolres membawa semua Kapolsek di wilayah Kabupaten Batang, termasuk Kasat dan Perwira di lingkungan Polres Batang. Rombongan memulai pengecekan di awal masuk tol Kabupaten Batang di Desa Masin Warungasem.

Sedangkan di jalur tol Jembatan Kali Kupang, perbatasan Kabupaten Pekalongan dan Batang memakai jembatan sementara dengan lebar 8 meter. Jembatan yang sama di Kali Pejambon, Jembatan Sambong juga sama, 8 meter.

Namun berdasarkan keterangan Penanggung Jawab Proyek Tol Batang-Semarang, Ronal Roland, untuk di Sambong dalam waktu dekat akan segera dipasang fly over dengan sambungan grider.

Kemudian ke arah timur hingga Tulis, jalur sudah cukup lumayan dan sebagian sudah terpasang rambu lalulintas. Tulis ke timur agak kurang, karena masih banyak jalan tanah dan jembatan yang belum tersambung. Terutama di Jembatan Kaliboyo yang dilakukan pelebaran jembatan sementara dengan bailey.

Kemudian terkait pantuan lain, seperti Rest Area Candi Areng, sementara dalam tahap pembangunan. Di lokasi tersebut sudah terdapat pos terpadu serta MCK/Toilet. Juga di lokasi tersebut, akan ada tangki Pertamina secara resmi untuk membuka pompa bensin portable, untuk ketersediaan BBM bagi pemudik.

“Nantinya juga untuk di jalur Kandeman Tragung akan dipasang traffic light sementara dari Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengatur kendaraan dari dan keluar tol dengan jalur pantura,” jelas Kapolres lagi. (han/ida)

Silakan beri komentar.