Tentrem Kembangkan Bisnis Laundry

1223

SEMARANG – Trentem Hotel Management Indonesia kembali memperluas bidang bisnisnya. Setelah sebelumnya mengembangkan properti perhotelan yakni Hotel Chanti Semarang, kali ini dibuka Tentrem Laundry.

Corporate General Manager PT Tentrem Hotel Management Indonesia Mey Nurnaningsih mengatakan Tentrem Laundry menyasar pasar premium dan pasar hotel di Kota Semarang. “Dibukanya cabang bisnis ini untuk memenuhi kebutuhan laundry hotel milik Tentrem yang sudah ada, selain itu juga menyasar hotel yang belum meliliki laundry sendiri,” katanya, di outlet Tentrem Laundry yang terletak di Ruko Jalan Gajahmada, kemarin.

Mey memprediksi 80 persen hotel di Kota Semarang tidak mempunyai laundry. Untuk kapasitas, Tentrem Laundry mampu menampung laundry dari 5 hotel per hari. Setara dengan 3.500 kilogram per hari.

Ia mengungkapkan, ┬áTentrem Laundry berbeda dengan cara kerja laundry kiloan yang malah akan memperpendek umur kain. Metode pencucian menggunakan dua teknik pencucian yaitu, laundry biasa dan wet cleaning. Wet cleaning ini berbeda dengan teknik pencucian dry cleaning yang selama ini dikenal dan digunakan oleh tempat binatu kebanyakan. “Teknik yang digunakan membuat kain yang dicuci akan lebih awet dan lebih bersih dibanding dengan dry laundry. Bahan kimia yang digunakan untuk pencucian pun berbeda,” jelasnya.

Perusahaan yang masih satu grup dengan Sido Muncul ini menanamkan investasi Rp 3,8 miliar untuk mesin laundry saja yang bertempat di Kawasan Industri Gatot Subroto, Ngaliyan Semarang yang melayani kalangan perhotelan. Sementara outlet di Jalan Gajamada, digunakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan. “Kami berharap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat maupun industri dalam hal ini hotel di bidang binatu di Kota Semarang,” jelasnya. (den/smu)