Jaga Keberagaman

416

WALI kota Sigit Widyonindito mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menghargai keberagaman. Serta menjalin kebersamaan dalam upaya meneguhkan komitmen dan pengamalan Pancasila.

“Bangsa Indonesia didirikan atas dasar keberagaman, sehingga harus terus dijaga demi kelangsungan pembangunan,” kata Sigit saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, kemarin. Sigit juga mengungkapkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh pendiri bangsa adalah mengedepankan persatuan, kebersamaan, kearifan, dan kesantunan. Ia meminta, semua itu harus dijunjung tinggi.

“Mari di bulan Ramadan ini, kita perbanyak suasana kegiatan ibadah yang diisi dengan semangat Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.” Sigit juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesantunan, sehingga tidak timbul gesekan. Menurutnya, sikap itu berdampak pada situasi daerah yang aman, tenang, dan terkendali. “Situasi ini dapat terwujud jika masyarakat mau menjaga kebersamaan dan tidak ribut satu sama lain.”

Selain itu, Wali Kota Sigit juga meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi maupun terpengaruh oleh paham radikal. Mengantisipasi adanya kemungkinan lain, pihaknya akan memperketat pengawasan. Juga memberikan edukasi. (put/isk)