Air Rob Sayung Makin Parah dan Meluas

1122

DEMAK-Ari rob dalam dua hari terakhir kembali menenggelamkan sejumlah wilayah desa di Kecamatan Sayung. Selain di Desa Bedono, Sriwulan dan Timbulsloko, air gelombang pasang tersebut juga merendam rumah di Desa Purwosari. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Sebab, Desa Purwosari baru kali ini terserang rob cukup parah.

Tokoh masyarakat setempat, Teguh, 48, mengungkapkan, halaman rumah dan jalan akses warga di Desa Purwosari terendam air rob. “Jalan depan rumah saya yang selama ini tidak pernah terkena air rob, sekarang ikut kena. Bahkan, ketinggian 20 sentimeter,” katanya, kemarin.

Menurutnya, fenomena rob yang demikian cepat merembet ke desa desa di Kecamatan Sayung harus segera diatasi. “Kalau rob sudah sampai Purwosari seperti ini, maka rob terus meluas dan ini tergolong cukup parah. Sebab, daerah ini sebelumnya masih aman,” ujarnya.

Dia menambahkan, perlu ada upaya dari pemerintah dalam membangun pintu air dan ketersediaan pompa. Dengan pompa, maka setiap saat dapat digunakan untuk membuang dan menyedot air rob yang menggenangi kawasan setempat. “Rob di Sayung ini besar sekali,” imbuh dia.

Faiz, 33, warga Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung menuturkan, air rob juga merendam rumah warga di RT 2 hingga RT 6 RW 7. Rob menenggelamkan jalan jalan kampung hingga halaman rumah warga. “Ketinggian air 1,5 hingga 2 sentimeter,” jelasnya. (hib/ida)