Siapkan 17.280 Paket Sembako Murah

1322
ANTRE : Puluhan warga Kota Pekalongan saat antre sembako di Pasar Murah yang digelar di Kelurahan Pasir Kraton Kramat Pekalongan Barat, Rabu (31/5) kemarin. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ANTRE : Puluhan warga Kota Pekalongan saat antre sembako di Pasar Murah yang digelar di Kelurahan Pasir Kraton Kramat Pekalongan Barat, Rabu (31/5) kemarin. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

PEKALONGAN-Menyambut Ramadan dan Idul Fitri tahun 2017, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan bekerjasama dengan Perum Bulog Sub Divre Regional Pekalongan kembali menggelar Pasar Murah Ramadan. Tahun ini, disediakan 17.280 paket sembako murah bersubsidi yang akan dijual di Pasar Murah selama 16 hari di 48 titik se-Kota Pekalongan.

“Dalam pasar murah ini akan digelar selama 16 hari di 48 titik di 27 kelurahan. Di tiap titiknya, kami sediakan 360 paket, dengan berisi beras 5 kg, gula pasir 2 kg, dan minyak goreng 2 kg,” jelas Kepala Bagian Perekonomian, Betty Dahfiani Dahlan saat menggelar Pasar Murah di Kelurahan Pasir Kraton Kramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Rabu (31/5) kemarin.

Dalam menggelar pasar murah tersebut, jelasnya, Pemkot menyalurkan anggaran sebesar Rp 528 juta. Anggaran sebesar itu untuk memberikan subsidi harga tiga komoditas yang dijual di pasar murah tersebut. “Tiga komoditas tersebut kami kemas dalam paket yang terdiri atas beras 5 kg, gula pasir 2 kg, dan minyak goreng 2 liter. Jika dibeli di pasaran, harganya mencapai Rp 96.000 yang kemudian kami subsidi Rp 30.000 per paket. Sehingga masyarakat cukup membayar Rp 66.000 saja, sudah bisa membawa pulang 1 paket tersebut,” jelas Betty lagi.

Direktor Komersial Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Agus Sahyuti mengatakan bahwa pelaksanaan pasar murah tersebut digelar bersamaan dengan gerakan stabilisasi pangan yang sedang dilaksanakan Perum Bulog. “Ini digelar serentak untuk stabilitas harga sembako,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz mengatakan bahwa memasuki Ramadan, biasanya harga beberapa kebutuhan pokok meningkat. Itu sebabnya, Pemkot menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadan.

“Pastinya agar warga terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Baik untuk kebutuhan berbuka puasa maupun sahur, sehingga ibadah puasanya bisa lancar,” kata wali kota.

Usai dibuka secara langsung oleh Wali Kota Pekalongan, Ahmad Alf Arslan Junaid, warga langsung memposisikan diri di barisan yang telah disediakan oleh panitia untuk mengantre berbelanja di pasar murah tersebut. (han/ida)