PELATIH BARU : Managemen Persibat Batang memperkenalkan pelatih barunya Daniel Rukito kepada publik, setelah resmi tanda tangan kontrak di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (29/5) kemarin. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
PELATIH BARU : Managemen Persibat Batang memperkenalkan pelatih barunya Daniel Rukito kepada publik, setelah resmi tanda tangan kontrak di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (29/5) kemarin. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG-Setelah menghilangnya pelatih lama, Lukas Tumbunan, Manajemen Persibat Batang langsung mengontrak pelatih legendaris Indonesia Daniel Rukito, pada Senin (29/5) kemarin. Pelatih asal Rembang ini merupakan salah satu legenda di persepakbolaan Indonesia.

Tercatat tim-tim besar yang pernah dilatih, seperti Arema Indonesia, PSIS Semarang, Persik Kediri, Persiba Balikpapan hingga Persib Bandung. Terakhir kali, dirinya melatih Persisam Samarinda dan tim asal Madura, Persepam Pamekasan.

“Saya mau melatih tim ini, karena saya punya sejarah disini. Dulu saat melatih klub, bersama asisten saya yang sekarang di Persibat pernah melatih Persibat Cara, sekitar tahun 1990 sampai 1991. Saat itu masih dipimpin Bupati Batang Suut,” ucap Daniel Rukito, saat jumpa pers dengan media.

Menjadi pelatih di tengah kompetisi yang sedang berjalan, Daniel tetap optimistis bisa meraih yang terbaik bagi timnya. Pelatih yang sukses mengantarkan Persik Kediri juara Liga Indonesia ini akan bertemu dengan pemain Persibat Kamis (1/6) besok.

“Semua tim punya target, tapi kita realistis. Minimal bisa bertahan. Program akan segera saya susun. Kalau tim, saya belum berani mengubahnya. Saya baru bertemu para pemain, Kamis besok,” bebernya.

Setelah ketemu dan melihat pemainnya langsung, imbuhnya, dirinya baru akan memutuskan seperti apa perubahan yang akan dibuat. Yang jelas, dia akan memaksimalkan potensi yang ada sekarang. “Yang pasti, saya akan membentuk karakter tim. Fisik pemain akan ditingkatkan, termasuk cara main dan pola apa yang tepat. Yang penting bagaimana membuat suasana tim membaik. Dari pelatih, asisten pelatih, hingga suporter. Terpenting lagi adalah perbaikan mental semua tim, manajemen dan suporter,” tegas pelatih yang kenyang pengalaman melatih ini.

CEO Persibat Batang, Dhedy Irawan mengungkapkan bahwa pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan pelatih sekelas Daniel Rukito. Kedatangannya, diharapkan bisa memenuhi target manajemen dan penantian suporter yang menginginkan adanya pelatih baru. Semoga membawa angin segar dan prestasi bagi Persibat. “Kami sudah sepakat dengan Daniel Rukito untuk kontrak melatih sampai dengan kompetisi berakhir. Targetnya, jelas lolos ke babak berikutnya,” serunya.

Terkait teknis, semua akan diserahkan kepada pelatih. Pihak manajemen memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada pelatih. Apalagi sudah terbukti track recod-nya Daniel Rukito bagus, kerap membawa tim yang semula sakit sampai berprestasi. “Harapan kami, bisa membawa Persibat naik ke kasta tertinggi. Dan bisa menjadi kebanggaan warga Batang,” tutupnya. (han/ida)