Menunggu Pembuktian Kiper Aji Bayu

1528
SIAP TAMPIL: Penjaga gawang PSIS, Aji Bayu Putra, saat ini menjadi tumpuan tim Mahesa Jenar setelah kiper Awan Setho kembali ke klub asalnya, Bhayangkara FC. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAP TAMPIL: Penjaga gawang PSIS, Aji Bayu Putra, saat ini menjadi tumpuan tim Mahesa Jenar setelah kiper Awan Setho kembali ke klub asalnya, Bhayangkara FC. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG- Setelah ditinggal kiper Awan Setho Raharjo yang harus kembali ke Bhayangkara FC, skuad PSIS Semarang praktis hanya tinggal memiliki dua penjaga gawang, yakni Aji Bayu Putra dan Satriawan Eka Putra. Di antara dua kiper yang ada, tentu hanya Aji Bayu yang siap diturunkan di kompetisi. Aji beberapa kali juga menjadi kiper utama tim berjuluk Mahesa Jenar di laga uji coba pada masa persiapan kompetisi lalu.

Kiper berusia 24 tahun asal Brebes itu juga telah melakoni debutnya di ajang Liga 2 ketika tim PSIS menjamu PPSM Magelang, Kamis (18/5) lalu. Sedangkan dalam empat laga sebelumnya, pos penjaga gawang utama dihuni oleh Awan Setho.

“Secara kemampuan, tiga kiper yang ada bisa dibilang merata. Hanya untuk masalah jam terbang Awan Setho paling banyak. Namun kami percaya, baik Aji maupun Satria mampu mengemban tugas di sisa pertandingan besok,” beber pelatih kiper PSIS, Budi Cipto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kemampuan serta mental bertanding Aji Bayu yang sebenarnya, akan diuji ketika PSIS melakoni laga tandang versus Persis Solo di Stadion Manahan pada 6 Juli 2017 mendatang. Jika berhasil melewati laga tersebut, eks kiper PS Badung Bali itu kemungkinan besar bakal terus dipercaya sebagai kiper nomor satu Mahesa Jenar.

Big match selalu memunculkan atmosfir pertandingan yang luar biasa. Tekanan penonton juga akan sangat besar ketika kami main di kandang lawan. Saya kira laga itu akan menjadi ujian sebenarnya bagi pemain, temasuk untuk kiper kami. Mudah-mudahan bisa meraih hasil maksimal,” harapnya.

Manajemen PSIS sendiri hingga kini belum memutuskan akan menambah stok penjaga gawang atau tidak di jeda bursa transfer mendatang. Maklum saja, PSIS sebenarnya masih memiliki satu stok penjaga gawang, yakni Feri Bagus Kurniawan. Hanya saja, eks kiper PON Jateng itu masih dalam masa penyembuhan usai mengalami cidera retak bahu karena kecelakaan lalu lintas. Belum ada keputusan apakah Feri siap dimainkan di putaran kedua mendatang atau tidak.

“Mungkin keputusannya menunggu dua pertandingan terakhir putaran pertama. Dan yang jelas kami berharap dua kiper yang ada bisa tampil maksimal di dua pertandingan sebelum jeda besok,” ujar General Manajer PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto. (bas/aro)