Jadi Menu Favoritnya Para Pemain Bola

1996
LEZAT : Owner Warung Sate dan Tengkleng Kambing Pak Manto Cabang Semarang, Mila, menunjukkan menu sate kambing yang paling disuka pecinta kuliner. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LEZAT : Owner Warung Sate dan Tengkleng Kambing Pak Manto Cabang Semarang, Mila, menunjukkan menu sate kambing yang paling disuka pecinta kuliner. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

TENGKLENG Rica-Rica, cukup menarik mendengar namanya. Terbilang inovasi baru dari olahan masakan berbahan dasar daging dan tulang kambing. Bagi penikmat tengkleng atau pecinta kuliner, bisa merasakan kekhasan setiap menu yang disajikan di setiap tempat makan.

Nah bagaimana dengan menu baru yang siap melengkapi kenikmatan berbuka puasa? Tengkleng Rica-Rica layak direkomendasikan. Datang saja ke Warung Sate dan Tengkleng Kambing Pak Manto di Pujasera Ventura yang beralamat Jalan Ki Mangun Sarkoro atau depan Stadion Diponegoro.

Aroma rempah merica, terasa segar memasuki indra penciuman dan memikat nafsu makan saat Jawa Pos Radar Semarang dihadapkan dengan seporsi Tengkleng Rica-Rica di atas meja. Tengkleng Rica-Rica ini berwarna coklat kecap, setelah dipadukan dengan bumbu-bumbu serta lalapan tomat dan kubis.

Tengkleng Rica-Rica Pedas Pak Manto Paling Dicari. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Tengkleng Rica-Rica Pedas Pak Manto Paling Dicari. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Owner Warung Sate dan Tengkleng Kambing Pak Manto Cabang Semarang, Mila menuturkan bahwa menu tersebut menjadi unggulan yang banyak diburu pecinta kuliner. Kendati begitu, masih ada menu lainnya yang tak kalah lezat. Yakni Tengkleng Segar, Tongseng, Sate Tusuk dan lain-lain.

“Yang jadi andalan Tengkleng Rica-Rica. Karena baru ada satu, di Semarang. Ada juga menu lain itu, tapi untuk andalan memang Tengkleng Rica-Rica,” ujar Mila pemilik hobi fotografi.

Pelanggan yang sering membeli Tengkleng Rica-Roca, kata dia, umumnya mencari rasa yang pedas. Sementara bumbu dari Tengkleng Rica-Rica sendiri banyak. Di antaranya dari daun salam, serai, laos, jahe, garam, kunir, dan bumbu giling, untuk tengkleng segar. Ada tambahan bumbu lain untuk Tengkleng Rica-Rica.

“Kalau yang sudah matang ditambahi merica dan garam tanpa michin. Kalau Tengkleng Rica-Rica umumnya pedas, jadi ditambahi rempah merica dan cabai,” bebernya.

Cara memasak Tengkleng Rica-Rica juga berbeda dengan Tengkleng Segar pada umumnya. Bahan tengkleng terdiri atas tulang-tulang kambing. Bila ingin rasa yang pedas, pembeli cukup memesan kepada koki. Pembeli dapat memilih rasa padas sedang atau pedas banget.

“Cara memasaknya dengan diproses dua kali. Pertama masih tengkleng segar yaitu tengkleng kuah biasa. Nah untuk mengolah Tengkleng Rica-Rica, kemudian dimasak lagi dengan tambahan bumbu lain. Proses masak rica-rica itu kuah nyemek, ibaratnya dimasak lagi sambil menghabiskan kuah tengkleng tersebut,” jelasnya.

Menurut Mila, Tengkleng Rica-Rica ini disukai para pemain sepak bola. Seringkali pemain dari klub PSIS datang secara berombongan beserta official menikmati menu dengan rasa pedas segar ini. “Tinggal memilih level pedasnya. Mau sedang atau pedas banget. Perlu diketahui, kebanyakan pemain bola dari PSIS-PSIM kalau mau tanding, biasanya mampir kesini. Yang dicari yang menu favorit Tengkleng Rica-Rica,” kata Mila. (mg30/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here