Sucipto. (Ahmad zainudin/jawa pos radar kedu)
Sucipto. (Ahmad zainudin/jawa pos radar kedu)

WONOSOBO – Sebanyak 16 SMP Negeri di Wonosobo dipastikan akan menggunakam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online pada tahun ajaran 2017/2018 ini. Tahun lalu, hanya 5 SMP Negeri yang melaksanakan PPDB online.

Kepala Bidang Bina Program dan Pengembangan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Wonosobo Sucipto menjelaskan, PPDB online akan dilaksanakan pertengahan Juni mendatang. Dalam pelaksanaannya nanti, setiap sekolah akan menyiapkan satu teknisi yang stand by di sekolah selama masa pendaftaran. Upaya ini, untuk mengantisipasi berbagai kendala selama proses pendaftaran dilangsungkan.

“Ada jurnalnya di situ. Semua jelas terpampang, jadi siswa atau orang tua bisa langsung memantau,” katanya, Jumat (26/5).

Ada dua opsi sekolah yang mesti dipilih calon peserta didik. Pilihan kedua nantinya menjadi opsi alternatif ketika siswa tidak terjaring di sekolah pilihan pertama.

Kepala SMP 2 Wonosobo Ellna Amperawati menilai, PPDB online memiliki banyak nilai positif. Antara lain, pelaksanaan transparan, tidak ada beban perasaan bagi penyelenggara atau sekolah, sekaligus meningkatkan kecerdasan masyarakat untuk melek teknologi. “Selain lebih efektif efisien, nilai positif lainnya itu,” katanya. (cr2/ton)