Hotel Andalkan Promo Buka Puasa

5523
GUGAH SELERA: Hotel Chanti Semarang menggelar promo berbuka puasa Ramadan, dengan menu andalan Nasi Kembulan untuk mendongrak omzet. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GUGAH SELERA: Hotel Chanti Semarang menggelar promo berbuka puasa Ramadan, dengan menu andalan Nasi Kembulan untuk mendongrak omzet. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Saat bulan Ramadan, okupansi hotel di Kota Semarang biasanya mengalami penurunan yang cukup drastic, rata-rata mencapai 20 persen. Untuk mengangkat omzet, pihak hotel pun berlomba-lomba menggelar promo Ramadan. Selain untuk rate kamar, juga mengandalkan paket-paket menarik untuk berbuka puasa.

General Manager Hotel Noormans Semarang, Noorcholis mengatakan jika pada hari biasa tingkat hunian kamar biasanya sekitar 65 persen hingga 80 persen, namun saat puasa menurun menjadi 45 persen. “Meski terjadi penurunan tingkat hunian kamar, namun kami tertolong dengan diserbunya paket berbuka puasa di restoran kami yaitu di De Jawi’s Resto,” katanya.

Resto hotel, biasanya menjadi tempat yang nyaman untuk berbuka puasa bersama. Baik untuk keluarga maupun corporate.“Kami mencoba mengakomodasi kebutuhan masyarakat kota Semarang yang ingin berbuka puasa bersama di tempat yang representatif dengan harga terjangkau. Tepatnya paket berbuka puasa yang ditawarkan Hotel Noormans sebesar Rp 65ribu nett per orangnya all you can eat,” terangnya.

Ia menerangkan, hotel Noormans menyediakan makanand dari makan pembuka, hidangan utama hingga makanan penutup. Terdiri dari berbagai Ta’jil seperti Kurma, Es Tombo Bludrek, aneka pudding, aneka wedhang, kopi dan teh. Tersedia juga pilihan salad dan berbagai sup. Selain itu setiap harinya menu utama dan berbagai gorengan disajikan dengan cara live cooking dari tim De Jawi’s Resto sehingga menu yang dihidangkan fresh.

Sementara itu, Hotel Chanti Semarang lebih memilih menggelar promo Ramadan dengan menyuguhkan masakan khas rumahan dengan tren gaya kembulan. Hotel Manager Hotel Chanti, Christoporus Yulianto mengatakan jika, kreasi menu spesial buka puasa yakni ‘Buka Puasa Kembulan’, yang dalam istilah Jawa diartikan makan bersama-sama. “Konsepnya adalah makan bersama  dalam satu tempat atau wadah, biasanya dari daun pisang lengkap dengan lauk pauk khas tradisional yang membangkitkan selera,” katanya.

Promo makanan tersebut, menyasar para tamu untuk bernostalgia dan menikmati tradisi lama dari tata cara makan yang penuh suasana keakraban dan kekeluargaan mulai dari penyajian makanan maupun menu makanan yang ada didalamnya. “Konsep ini cenderung unik dan belum ada yang menggunakan, menu andalannya adalah garang asem, sambel tumpang tahu kopyok, sup ceret, kambing kurma, iga bakar. Menu ta’jil ada es blewah, es degan, es kopyor, dan es daluman. Ada sekitar 100 menu halal yang dirotasi berbeda tiap hari,” terangnya. (den/smu)