Hadirkan Keindahan Gunung Gono

Melongok Desa Wisata Banyubiru Kabupaten Magelang

528
MERIAH : Suasana peluncuran Desa Wisata Banyubiru Kecamatan Dukun oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU)
MERIAH : Suasana peluncuran Desa Wisata Banyubiru Kecamatan Dukun oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU)

Pemerintah Kabupaten Magelang kembali meresmikan desa wisata. Kali ini, Desa Banyubiru di Kecamatan Dukun, pemilik kawasan lokasi wisata alam Gunung Gono.

SELAIN Gunung Gono, tempat melihat bentangan pemandangan Merapi dan Merbabu bersandingan, Banyubiru juga sudah memiliki sentra UMKM. Berbagai kerajinan khas ditawarkan di desa itu.

Peluncuran Banyubiru sebagai desa wisata, dimeriahkan berbagai atraksi kesenian daerah. Mulai sorengan hingga jatilan dan kesenian lainnya. Bupati Magelang Zaenal Arifin hadir dalam launching tersebut. Desa Banyubiru merupakan desa wisata yang ditetapkan pertama kali dengan SK Bupati di wilayah Dukun.

Kepala Desa Banyubiru, Wintoro, mengatakan, secara swadaya, masyarakat setempat mengembangkan wisata Desa Banyubiru. “Wisata bukit Gunung Gono akan fokus di wisata edukasi, mulai dari alam, religi, dolanan anak, gunung Merapi, situs peninggalan sejarah dan view pemandangan gunung Merapi dan Merbabu.”

Wisata nantinya dipadukan dengan paket yang dibuat oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Banyubiru, mengintegrasikan dengan UMKM warga.

“Saya berharap ke depan desa wisata ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Banyubiru dan alokasi dana desa, karena ini akan dikelola di bawah BUMDes.”

Sekretaris Kecamatan Dukun, Bambang Hermanto mengatakan, nantinya Banyubiru menjadi percontohan desa lain. Karena masih banyak potensi desa wisata lainnya di Kecamatan Dukun. “Kami akan mengintregasi desa wisata di Kecamatan Dukun menjadi paket khusus wisata.”

Bupati Zaenal Arifin mengatakan, makin banyaknya desa wisata, membuat perkembangan pariwisata di Kabupaten Magelang, semakin maju. Sebab akan banyak pilihan masyarakat untuk mengunjungi lokasi wisata. (vie/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here