Ajak Manusia Melestarikan Bumi

599
MERIAH : Kirab dalam rangka Gelar Budaya Wanurejo berlangsung meriah, Minggu (21/5). (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
MERIAH : Kirab dalam rangka Gelar Budaya Wanurejo berlangsung meriah, Minggu (21/5). (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MUNGKID– Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur kembali menggelar gelar budaya untuk memeringati HUT ke-217. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk kirab di sekitar komplek Candi Borobudur itu bertujuan untuk mempromosikan wisata desa.

Gelar budaya sudah berlangsung sejak 15 tahun lalu. Setiap tahun, prosesi menggambil tema yang berbeda-beda. Kali ini, mereka mengangkat ikon gunungan.

Prosesi diikuti sekitar 1.500 warga Wanurejo dari 9 dusun dan komunitas seni di Desa Wisata tersebut. Mereka berkeliling sekitar komplek Candi Borobudur. Sama seperti tahun lalu, ribuan masyarakat antusias mengikuti prosesi ini. Mereka memadati sepanjang jalan rute pawai mulai dari Tourism Information Center Borobudur sampai Balkondes Wanurejo.

“Tujuan kirab ini yakni untuk menggelar dan memamerkan potensi seni budaya DesaWanurejo, meningkatkan kesatuan dan persatuan warga Wanurejo, dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah Wanurejo,” kata Kepala Desa Wanurejo Umi Aminah.

Menurutnya, tema kegiatan tahun ini adalah Ngawiji Bumi Angisti Budaya. Artinya, manusia diajak menjaga dan melestarikan bumi. “Kita harus peduli kepada lingkungan sekitar kita untuk menjaga dan merawatnya untuk anak cucu kita ke depan,” ungkapnya. (vie/ton)