SIMPEL ELEGAN – Busana dengan potongan simpel tanpa banyak detail, kini tengah menjadi tren yang banyak diminati. (Dokumen Ina Priyono)
SIMPEL ELEGAN – Busana dengan potongan simpel tanpa banyak detail, kini tengah menjadi tren yang banyak diminati. (Dokumen Ina Priyono)

RAMADAN tinggal menghitung hari. Sejumlah rumah mode mengeluarkan beberapa koleksinya menyambut bulan yang istimewa ini.

Diantaranya desainer Ina Priyono yang mengusung tema simpel dan elegan. Warna-warna pastel yang mendominasi deretan koleksi kali ini menjadikan tampilan terlihat lebih teduh. Padu padan melibatkan tak lebih dari tiga warna.

Rok coklat dipadu dengan atasan berwarna abu-abu yang senada dengan hijab, misalnya. Atau blouse baby pink yang dipadukan dengan rok berwarna abu-abu yang juga senada dengan warna hijabnya.

Meski bermain hanya dengan dua hingga tiga warna, hasil akhir jauh dari tampilan yang datar. Kuncinya ada pada permainan detail potongan maupun variasi di sejumlah sisi pakaian. Begitu juga dengan variasi hijab yang menjadikan tampilan lebih unik.

“Walaupun tidak bermain motif tapi tampilan juga tidak terlalu polos karena permainan potongan di lengan atau bagian depan busana serta hijab,” ujar Kepala Produksi Ina Priyono The Moslem Wear, Nilawati Kusumadewi.

Setelan two pieces ini cocok dikenakan remaja hingga dewasa untuk acara mulai dari yang semi formal hingga formal. “Bulan puasa biasanya juga menjadi ajang silaturahmi melalui agenda buka puasa bersama. Busana-busana yang simpel dan ready to wear banyak dipilih,” ujarnya.

Sedangkan untuk acara yang lebih formal, gamis dengan potongan asimetris maupun permainan detail pada bagian depan bisa menjadi pilihan. Pemilihan material busana diambil dari bahan yang cukup tebal namun tetap nyaman.

“Karena sudah memasuki musim panas, kami menghindari gamis yang terdiri dari beberapa layer. Begitu juga dengan bahan yang lebih tebal untuk menghindari penggunaan furing,”ujarnya

Batik dan kain nusantara yang merupakan ciri khas dari desainer Ina Priyono juga tidak ditinggalkan. Coat berbahan batik tampil trendi dipadu dengan celana atau dress polos. “Kalau ini gayanya anak muda banget,”ujarnya.

Padu padan busana muslim juga akan terlihat lebih maksimal dengan paduan hijab. Busana dengan potongan simpel akan lebih berwarna dipadu dengan hijab bermotif. Rumah mode Al Fath mengeluarkan hijab premium dengan motif bunga, geometri dan landscape.

“Hijab-hijab bermotif biasanya digunakan pada busana yang polos dan simpel, gunanya untuk mengimbangi tampilan. Tidak terlalu polos tapi juga tidak ramai sekali. Floral hijab serta hijab bermotif landscape yang saat ini sedang banyak diminati,” ujar Manager Al Fath, Supriyani. (dna/zal)