Raih IPK 3,88, Teliti 345 Populasi Guru

Dr Imron MA, Dosen UM Magelang yang Meleliti Peran Spiritual Guru

118
Imron. (HUMAS UM MAGELANG)
Imron. (HUMAS UM MAGELANG)

Satu lagi, gelar doktor diraih pengajar Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang. Dosen FAI UM Magelang, Imron, berhasil meraih predikat tersebut. Dalam disertasinya, Imron meneliti peran spiritual guru di dunia pendidikan.

HASIL penelitian tersebut, mengantarnya sebagai salah satu lulusan terbaik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. IPK-nya nyaris sempurna: 3,88. Imron menyampaikan, penelitiannya merupakan penelitian kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif atau dikenal dengan mixed methods. “Adapun populasi penelitian dilakukan terhadap 345 populasi guru dengan sampel 171 guru SMP Muhammadiyah di Kabupaten Magelang,” ujar Imron.

Dikatakan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Yakni, dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala. ”Isu-isu spiritual telah menarik perhatian para pegiat penelitian dalam bidang psikologi. Dalam pengembangan organisasi, spiritualitas dianggap bermanfaat terhadap pemberdayaan organisasi, karena dipandang sebagai penyebab terhadap prevalensi tingkat komitmen di tempat kerja dan memiliki hubungan yang menarik terhadap psychological capital atau modal psikologi,” bebernya.

Menurut Imron, semakin tinggi tingkat spiritualitas, maka semakin tinggi psychological capital yang dimiliki seseorang. Spiritualitas dianggap sebagai sarana untuk meningkatkan integritas, motivasi, dan kepuasan kerja. Juga dapat memberikan kontribusi dalam keberhasilan bekerja.

”Seseorang yang dibimbing dengan spiritualitas, akan menghasilkan kebiasaan moral dan yang baik serta mengantarkannya menjadi jujur, loyal, serta dapat dipercaya dan mempunyai integritas.”

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo MT yang hadir pada acara sidang terbuka disertasi, turut berbahagia atas gelar yang diraih oleh Dr. Imron MA. Harapannya, dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia UM Magelang. “Dr. Imron MA merupakan doktor ke-12 di UM Magelang dan jumlah tersebut akan terus bertambah dalam jangka waktu dekat.” (sct/vie/isk)

Tinggalkan Komentar: