Psikologis Lansia Harus Digaja

278
JALAN SANTAI: Sekda Jateng, Sri Puryono dan sejumlah kepala OPD menemani 700 orang lansia jalan santai dalam rangkaian peringatan Hari Lansia Nasional, kemarin. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JALAN SANTAI: Sekda Jateng, Sri Puryono dan sejumlah kepala OPD menemani 700 orang lansia jalan santai dalam rangkaian peringatan Hari Lansia Nasional, kemarin. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sekitar 700 orang tua lanjut usia (lansia) mengikuti jalan sehat sebagai rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jumat (19/5). Mereka menempuh rute yang tidak terlalu jauh. Mengambil start di kantor Dinas Sosial Jateng Jalan Pahlawan dan hanya mengintari wilayah Pleburan saja, dan kembali ke kantor Dinas Sosial.

Sekda Jateng, Sri Puryono sebagai pengibar bendera start pun tampak ikut berjalan bersama rombongan. Ada juga sejumlah kepala OPD Jateng, yakni Kepala Dinas Sosial Jateng Nur Hadi Amiyanto, Kepala Dinas Kesehatan Yulianto Prabowo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Emma Rachmawati, Kepala Dinas Pendidikan Gatot Bambang Hastowo, Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Daerah Tavip Supriyanto, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) Sudjarwanto.

Sri Puryono menjelaskan, pemerintah harus hadir untuk membahagiakan kaum lansia lewat psikologis. Ketika bahagia, mereka akan punya semangat untuk terus beraktivitas. ”Kami juga sering mengajak senam bersama atau jalan sehat sebagai olahraga. Lewat olahraga, metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik, racun-racun di tubuh keluar bersama keringat, badan sehat, jauh dari penyakit, dan panjang umur,” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Jateng, Nur Hadi menambahkan, pihaknya berusaha mengurus lansia. Entah yang terlantar karena ditinggal keluarga hingga penghuni panti jompo. Baginya, lansia masih punya andil dalam membangun bangsa. Lewat pemikiran, berbagi pengalaman, dan lain sebagainya.

”Maknanya negara memiliki perhatian tinggi terhadap kesejahteraan lanjut usia, berpihak pada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lanjut usia, serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosialnya di masyarakat,” tegasnya. (amh/zal/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here