Baznas Bantu Pembangunan Musala dan Masjid

86
SALURKAN ZAKAT: Wakil Ketua Bidang Pendistribusian, Ali Tjasman saat menyerahkan bantuan dana rehab dan pembangunan Mushola, kemarin. (DOKUMENTASI BAZNAS KENDAL)
SALURKAN ZAKAT: Wakil Ketua Bidang Pendistribusian, Ali Tjasman saat menyerahkan bantuan dana rehab dan pembangunan Mushola, kemarin. (DOKUMENTASI BAZNAS KENDAL)

KENDAL—Jelang Ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal menyalurkan batuan untuk pembangunan sejumlah musala dan masjid. Selain itu juga menyalurkan dana untuk Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Madrasah Dinniyah (Madin) maupun pondok pesantren (ponpes)

Bantuan ini sebagai wujud nyata Baznas berkontribusi membantu pemerintah untuk membangun Kendal. Mereka yang mendapatkan bantuan, sebelumnya sudah mengajukan permohonan dana renovasi bangunan ke Baznas Kendal. Dari pengajuan proposal tersebut, kemudian ditindak lanjuti dengan survei. “Yang dinyatakan layak menerima, langsung kami anggarkan untuk mendapatkan dana rehab,” kata Ketua Baznas Kendal, Mochammad Ubaidillah, kemarin (19/5).

Bantuan tersebut diberkan dalam bentuk uang tunai kepada masing-masing takmir musala dan masjid, maupun pengurus madin dan pesantren. Besaran dana yang diberikan Rp 5-10 juta.

Seperti musala di Desa Kebondalem RT 10 RW 01 Kendal sejumlah Rp 5 juta, Masjid Baitul Huda Desa Bugangin Kendal Rp 7,5 juta dan Musala Al-Mughni Desa Kebonagung Kecamatan Ngampel sebesar Rp 5 juta. Termasuk Musala usala Nurul Yaqin Di Perum.GBM II Kelurahan Langenharjo Kecamatan kendal dan Musala Al-Falah Dukuh Sambung Kecamatan Cepiring. Masing-masing menerima dana pembangunan Rp 5 juta.

Selain itu, bantuan disalrukan di sejumlah TPQ Madin dan Ponpes di Kendal.  Seperti  Ponpes An-Nur, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung. Selain itu TPQ dan Madin Nurul Ihsan Kelurahan karangsari Kecamatan Kendal. “Keduanya masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 5 juta,” tandasnya.

Wakil Ketua Bidang Pendistribusian, Ali Tjasman mengatakan untuk mempercepat orang menyalurkan zakat ke Baznas Kendal, pihaknya telah meluncurkan kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) dengan sasaran awal adalah PNS di Kendal. Dengan NPWZ, mempermudah para muzaki atau orang yang wajib zakat untuk membayarkan zakat, infak dan sedekah. “Dengan kartu NPWZ ini para muzaki dapat dengan mudah memperoleh informasi dan laporan dari Baznas Kendal,” ujarnya. (bud/zal)

Tinggalkan Komentar: