Optimistis Kualitas Atlet PPLOP Meningkat

696
SELEKSI KETAT: Salah seorang atlet pelajar dari cabor atletik menjalani tes teknik, Selasa (16/5) di Stadion Jatidiri. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SELEKSI KETAT: Salah seorang atlet pelajar dari cabor atletik menjalani tes teknik, Selasa (16/5) di Stadion Jatidiri. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Seleksi program Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng telah digelar. Sebanyak 16 cabor PPLOP selama tiga hari kemarin memburu atlet-atlet pelajar terbaik.

Kepala Balai PPLOP Jateng, Retno Fajar Astuti mengatakan, ratusan calon atlet PPLOP kemarin telah melalui serangkaian proses seleksi yang dimulai dengan seleksi kemampuan di masing-masing cabor. Kemudian sepanjang hari terakhir seleksi kemarin bibit-bibit atlet terbaik di Jateng itu telah melakoni serangkaian tes kesehatan dan tes fisik yang juga dipusatkan di GOR Jatidiri Semarang. “Sebelum tes fisik dan kesehatan juga ada tes psikologi. Jadi ada empat rangkaian tes yang harus dilalui oleh peserta seleksi. Dan hingga tes spikologi, tes fisik dan tes kesehatan sudah mengerucut menjadi 105 atlet saja,” beber Retno.

Setelah serangkaian proses seleksi kemarin, Retno mengatakan Disporapar Jateng akan mengumumkan hasil seleksi pada 2 Juni 2017 mendatang. Dari 105 atlet yang tersisa nantinya dikerucutkan menjadi 54 atlet sesuai kebutuhan. “Dari empat rangkaian tes kemarin kami bersama pihak-pihak terkait termasuk Pengprov Cabor akan melakukan penilaian secara keseluruhan sebelum akhirnya akan diumumkan 2 Juni mendatang,” lanjut Retno.

Seperti diketahui dalam seleksi kali ini sebanyak 16 cabang olahraga dari total 26 cabor yang ada di PPLOP akan menggelar seleksi untuk merekrut sebanyak 54 atlet pelajar baru. Selain sepak bola yang membutuhkan empat pemain baru, 15 cabor lain juga akan menggelar seleksi yaitu balap sepeda (4 atlet), panahan  (4), sepak takraw (3), bulu tangkis (4), bola voli indoor putra (2).

Kemudian angkat besi membutuhkan enam atlet, tinju (2), karate (2), dayung (4), bola basket (3), taekwondo (1), anggar (5), bola voli pantai putri (2) dan panjat tebing (1). “Yang jelas secara kualitas peserta seleksi kali ini mengalami peningkatan. Itu pertanda baik untuk pembinaan olahraga di Jateng,” pungkasnya. (bas/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here