Kelulusan Ditentukan Sekolah

164
KERJAKAN DENGAN JUJUR: Bupati Demak HM Natsir memantau ujian SD, Kamis (18/5). (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)
KERJAKAN DENGAN JUJUR: Bupati Demak HM Natsir memantau ujian SD, Kamis (18/5). (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

DEMAK – Ujian nasional (unas) sekolah dasar diawasi ketat oleh para guru dengan sistem silang. Mereka berasal dari guru SD dan MI.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Demak Anjar Gunadi menjelaskan, satu ruangan diawasi oleh dua pengawas. Tiga mata pelajaran (mapel) menjadi konsentrasi siswa untuk mengerjakan soal-soal yang diujikan. Yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

“Alhamdulillah hingga kemarin pelaksanaan unas SD ini tidak ada persoalan yang berarti. Semua lancar saja,” katanya di sela melakukan pantauan bersama Bupati Demak HM Natsir, Kamis (18/5).

Menurutnya, unas SD tidak menjadi penentu kelulusan. Sebaliknya, yang menentukan lulus tidaknya tetap menjadi kewenangan pihak sekolah masing-masing.

Anjar menambahkan, unas SD menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan atau kompetensi siswa dalam penguasaan pelajaran. Karena itu, siswa yang mampu mengerjakan dengan baik dengan standar nilai yang telah ditentukan, maka siswa terkait dianggap telah mumpuni. (hib/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here