Tingkatkan Minat Baca Pelajar

274
GENERASI PENERUS: Para peserta Lomba Penulisan Artikel Populer bagi Siswa SLTA se-Jateng saat menulis artikel di kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
GENERASI PENERUS: Para peserta Lomba Penulisan Artikel Populer bagi Siswa SLTA se-Jateng saat menulis artikel di kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Minat baca di Indonesia dikenal masih rendah. Meski begitu, setidaknya ada anak-anak muda yang gemar membaca buku, bersikap kritis, dan menuangkan pemikirannya tersebut dalam artikel. Hal tersebut terlihat dari Final Lomba Penulisan Artikel Populer bagi Siswa SLTA se-Jateng yang digelar di kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng, Selasa (16/5).

Ketua Dewan Juri Lomba, Tri Wahyu mengatakan, semula ada 86 peserta dari berbagai kabupaten/kota yang mendaftar. Setelah diseleksi, didapat 12 peserta yang berhak mengikuti babak final. ”Selain artikel yang dikirim, mereka diminta menulis artikel pendek dalam waktu 30 menit dengan pilihan tema ”Hoax”, ”Gerakan Literasi Sekolah”, dan ”Gerakan Indonesia tanpa Pacaran”,” katanya.

Setelah itu, mereka diminta presentasi dan menjalani wawancara dengan juri. Selain Tri Wahyu dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng, juri terdiri atas Penggiar Literasi dan Penulis, Agus Ilham, dan Dosen Sastra Indonesia Unnes, Mukh Doyen.

Tri mengatakan, sesi wawancara dilakukan untuk mengetahui alur berpikir, dan orisinalitas karya. Pemenang ditentukan berdasarkan kualitas gagasan, keaslian tulisan, bahasa yang digunakan, dan teknik penyajian tulisan. Lomba tersebut memperebutkan total hadiah Rp 16 juta.

Kabid Pengembangan Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng, Nugroho mengatakan lomba digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para pelajar dan bagian menumbuhkan kegemaran membaca bagi generasi penerus.

Setelah dinilai, juri menentukan pemenangnya adalah Juara I Jihan Anisa Biljanah (SMAN 1 Batang), Juara II Akbar Firmanulloh (SMAN 1 Bobotsari, Purbalingga), Juara III Nurgiyah Afifah (SMAN 1 Purwanegara, Banjarnegara), Juara Harapan I Alwi Johan Yogatama (SMAN 1 Temanggung), Juara Harapan II Tri Budi Yanuarto (SMAN 1 Rembang, Purbalingga), dan Juara Harapan III Stanislous Christo Pertra Nugraha (SMAN 1 Salatiga).

Di tempat yang sama juga digelar Pemilihan Arsiparis Teladan tingkat Jateng 2017. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng M. Masrofi mengatakan jabatan fungsional arsiparis sangat potensial. Sebab, arsip berkaitan dengan sejarah. ”Mereka bertugas mengelola arsip, baik yang statis maupun dinamis, atau yang sifatnya vital dan berkaitan dengan kelangsungan organisasi pemerintah,” tandasnya. (ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here