Tawarkan 2.797 Lowongan Kerja

476
CARI KERJA: Para pencari kerja mengantre di loket pendaftaran dalam gelaran Job Fair 2017 Kabupaten Temanggung di Gedung Pemuda, Selasa (16/5). (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)
CARI KERJA: Para pencari kerja mengantre di loket pendaftaran dalam gelaran Job Fair 2017 Kabupaten Temanggung di Gedung Pemuda, Selasa (16/5). (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)

TEMANGGUNG- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Temanggung menggelar pameran bursa kerja atau job fair  selama 2 hari, 16-17 Mei 2017. Pameran berlangsung di Gedung Pemuda Temanggung.

Kabid Penempatan dan Produktivitas Kerja Disnaker Temanggung MC Arif melaporkan, dalam bursa kerja tahun ini, pihaknya menyediakan 2.797 lowongan kerja (loker) yang ditawarkan oleh 30 perusahaan, baik perusahaan skala regional maupun nasional.

“Tahun lalu (2016), pendaftar pencari kerja mencapai 2.869 orang. Adapun total penempatan sebanyak 1.038. Saya berharap tahun ini, ada peningkatan penempatan kerjanya,” harapnya.

Kepala Disnaker Kabupaten Temanggung Suminar Budi Setiawan  mengatakan, perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran bursa lowongan kerja kali antara lain bergerak di bidang pengolahan kayu, perbankan, asuransi dan perusahaan tekstil (garmen). Adapun tujuan dari bursa kerja untuk  membantu proses bertemunya pencari kerja  dan pengguna tenaga kerja secara lebih efektif dengan memberikan  pelayanan langsung dan terbuka pada waktu tertentu dan dalam  suatu tempat tertentu.

“Dari job fair ini, diharapkan bisa terbukanya lapangan kerja baru guna mendukung program Pemkab dalam hal penanggulangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan,” ucap Budi.

Budi melanjutkan, dari bursa kerja ini  diharapkan bisa menempatkan tenaga kerja baru  lulusan SD, SMP, SLTA sederajat. Selain itu, juga untuk lulusan D3 ataupun sarjana di Kabupaten Temanggung tahun 2017.  “Sasaran penyelenggaraan job fair tersebut adalah para pencari kerja, utamanya lulusan SMA atau sederajat pada tahun ini. Sehingga, lulusan SMA atau sederajat yang tidak punya kesempatan dan biaya untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, bisa terserap  di dunia kerja,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Temanggung Bambang Sukarno  berharap, masyarakat Temanggung bisa memanfaatkan sebaik-baiknya acara bursa kerja untuk memperluas kesempatan kerja. “Pelaksanaan job fair ini hendaknya dievaluasi setiap tahun agar bisa diketahui jenis lowongan pekerjaan apa yang paling laku guna menyerap tenaga kerja. Sehingga, pelaksanaannya untuk masa mendatang lebih baik,” pinta Bambang. (san/ton)

Tinggalkan Komentar: