Sejuknya Alam di Kebun Teh Pagilaran

HILANGKAN PENAT : Kesejukan alam dengan hamparan kebun teh, sangat memanjakan mata.
HILANGKAN PENAT : Kesejukan alam dengan hamparan kebun teh, sangat memanjakan mata.

BATANG-Wisata Perkebunan Teh Pagilaran memberikan sensasi tersendiri. Kesejukan alam dengan hamparan kebun teh, sangat memanjakan mata.

Kebun Teh Pagilaran terletak dekat dengan perbukitan Dieng. Posisi tepatnya perkebunan teh pagilaran ini di desa Kalisari, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kebuh teh di sini terhampar luas. Menikmatinya bisa menyegarkan otak dan pikiran.

Bagi pengunjung dari kota, kabun teh ini sangat cocok jadi alternatif menghilangkan penat. Liburan bersama keluarga, lalu mengabadikan momen pun pasti lebih istimewa. Cukup dengan menggelar tikar  semua keluarga udah bisa ngumpul dan menikmati sejuknya udara di kebun teh pagilaran. Bisa juga membawa bekal makan dari rumah biar lebih seru.

ABADIKAN MOMENT : Pengujung ber-swafoto di perkebunan teh Pagilaran.
ABADIKAN MOMENT : Pengujung ber-swafoto di perkebunan teh Pagilaran.

Tak hanya menyajikan wisata, di Kebun Teh Pagilaran ini juga punya pabrik teh. Namanya PT.Pagilaran.

Kepala laporan Pabrik PT.Pagilaran, Sugiono, menjelaskan, teh yang baru dipetik akan langsung diolah. Ini untuk menjaga kesegaran daun teh.

Luar biasanya, produksi teh dari pabrik ini sudah merambah ke pasar Eropa. Utamanya Amerika Serikat.

“Teh yang diekspor itu kualitas premium semua. Teh hitam,” sebutnya.

Di pasar lokal, teh dari pablik ini dipasarkan selain di Pekalongan, juga di daerah lain. Misalnya di Solo, Semarang, dan Malang. “Jujur saja, untuk pasar lokal, sebenarnya kita kekurangan bahan baku,” ungkapnya.

TERBAIK : Hamparan teh kualitas terbaik.
TERBAIK : Hamparan teh kualitas terbaik.

Di pabrik ini, dalam sehari bisa mengolah daun teh sebanyak 40 hingga 60 ton. Dari seluruh luasan kebun teh, pemilik sudah mengunakan teknologi. Khususnya untuk melakukan pemetikan.

“Untuk pemetikan, kita gunakan 70 persen manual. Sisanya 30 persen menggunakan mesin. Ini karena tenaga mulai berkurang,” pungkasnya. (Ags/web/ap)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here