Bupati Motivasi Sekolah Terpencil

Hilangkan Dikotomi Pendidikan Kabupaten Pekalongan

1058

Dengan meningkatnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpendidikan tinggi di daerah atas, maka diharapkan para generasi muda tersebut akan mengisi lapangan pekerjaan di daerah atas. Mengingat Pemda Pekalongan saat ini sedang mengembangkan Kawasan Wisata Tekno Forestry Park Petungkriyono, dan pengembangan industri berbasis pertanian, seperti Kecamatan Petungkriono di Desa Gumelem dan Desa Simego, daerah penghasil kentang terbaik di Indonesia.

“Bagi orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya pada jenjang SMP atau SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan akan melakukan pendekatan khusus, agar orang tua tersebut bersedia menyekolahkan anaknya. Bahkan Pemda akan memberikan bantuan khusus jika memang memungkinkan untuk dibantu,” ungkap Bupati Asip.

Pemda tidak hanya akan menyiapkan infrastruktur untuk pendidikan di daerah atas, namun juga akan mengirim pendidik-pendidik dan Kepala Sekolah terbaik dari daerah bawah, untuk mendidik dan menjadi kepala sekolah. Sehingga kualitas pendidikan antara daerah atas dan bawah tidak ada perbedaan.

Bahkan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, telah menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis peta dan kebutuhan pendidikan, standarisasi metode proses pembelajaran akan mutu yang berkualitas, menjalin kerjasama dengan USAID Prioritas. Melakukan standarisasi manajemen berbasis baik pada sekolah maupun Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait untuk mendukung proses pembelajaran.

Melakukan terobosan dengan membuat inovatif program pendidikan, dengan mengaplikasi dan memodifikasi model percontohan yang telah ada, untuk diterapkan pada sekolah di daerah atas, atau daerah lain yang grade pendidikannya dinilai kurang. Bahkan penilaian kualitas pendidikan dan evaluasi akan terus dilakukan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dari sekolah yang sebelumnya grade C dipacu untuk menjadi B. Demikian juga untuk sekolah grade B menjadi A, dan A menjadi A plus.