Bisa Daftar Kerja Secara Online

847
MENCARI KERJA : Seorang pengunjung sedang mengisi data pelamar kerja secara online. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
MENCARI KERJA : Seorang pengunjung sedang mengisi data pelamar kerja secara online. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

MAGELANG – Ribuan pengunjung memadati Gedung Tribakti untuk mengikuti Job Fair 2017 IV Kota Magelang, Selasa (16/5). Kegiatan yang dimotori Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang menyediakan 2.244 posisi yang tersebar di sekitar 50 perusahaan lokal dan nasional.

Kepala Disnaker Kota Magelang Tony Agus Prijono mengatakan, ada perbedaan dalam penyelenggaraan bursa kerja sekarang dengan sebelumnya. Saat ini, pihaknya membuka pendaftaran lowongan secara online, namun tetap didukung offline. Langkah ini sebagai implementasi Kota Cerdas.

“Kita ingin mengikuti perkembangan zaman, di mana anak muda sekarang sangat melek teknologi,” kata Tony.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker Kota Magelang, Shaleh Apriyanto menambahkan, sebelum acara secara resmi dibuka Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, sudah ribuan orang yang mendaftar secara online. Hingga diresmikan, tercatat sekitar 3.000-an pelamar kerja melalui online.

Yang menarik, ada tiga orang pendaftar online dari disabilitas. Kondisi ini menunjukkan bahwa kesiapan disabilitas dalam memasuki dunia kerja sudah teruji. “Kami selalu mengundang mereka untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang kami selenggarakan, supaya mereka memiliki keterampilan dan bisa bersaing dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Windarti mengatakan, bursa kerja ini dalam rangka pengentasan pengangguran. Dengan cara mempertemukan pencari kerja dan pengguna tenaga kerja untuk saling berinteraksi terkait kebutuhan dunia kerja.

Seorang pengunjung, Amanda Trisnasari, 21, merasa terbantu dengan bursa kerja yang diselenggarakan oleh Pemkot Magelang. Ia mengaku memasukkan beberapa lamaran pekerjaan ke sejumlah perusahaan yang mencari posisi accounting.

“Kalau saya diterima, saya siap ditempatkan kerja dimana saja, meskipun harus keluar daerah. Karena saya memang ingin mencari pengalaman,” ujar warga Jalan Jeruk Timur 1, Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara itu. (put/ton)