Isti Hidayah sedang mempresentasikan alat yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran matematika. (IST)
Isti Hidayah sedang mempresentasikan alat yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran matematika. (IST)

SEMARANG – Matematika merupakan ilmu pasti dan masuk dalam cabang ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Sayangnya banyak siswa yang malas belajar matematika karena menganggap jika mata pelajaran ini cukup sulit dimengerti.

Empat dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang terdiri dari Isti Hidayah, Margunani, Dwijanto, dan Sugiarto, mengadakan penelitian alat peraga matematika untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alat peraga matematika yang dapat merangsang dalam proses belajar dan menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan.

“Alat peraga ini sebagai alat komunikasi guru untuk menyampaikan pesan  kepada siswa. Sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran,” kata Isti Hidayah.

“instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran matematika akan menjadi menarik, akan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi,” imbuhnya.

Ia berharap kedepan alat peraga yang sudah tercipta dapat diproduksi secara masal dan bisa bermanfaat untuk penguasaan materi pembelajaran matematika.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Rustono menyampaikan, penelitian tersebut mendorong UNNES sebagai LPTK yang meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Selain itu untuk memantapkan sistem pendidikan yang efektif dan efisien dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. (den/zal)