SAFETY RIDING: Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo ikut berbaris bersama polisi cilik dalam kampanye sadar berlalu lintas di Atrium Artis Mall, Sabtu (13/5) malam. (Agus Hadianto/jawa pos radar kedu)

MAGELANG – Satuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota menggelar kampanye dengan tajuk Saturday Night Show With di Atrium Artos Mall, Sabtu (13/5) malam lalu. Kampanye ini untuk menyadarkan masyarakat tentang kesadaran berlalu lintas dan safety riding.

“Acara ini sengaja kami gelar di mal karena menjadi tempat tujuan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama pengguna jalan raya untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku demi ketertiban berkendaraan dan keselamatan jiwa pribadi maupun orang lain sejak dini,” kata Kapolres Magelang Kota,AKBP Hari Punomo.

Hari mengatakan kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama ini dan banyak menimbulkan korban jiwa, salah satunya disebabkan unsur kelalaian. Faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas itu diantaranya faktor manusianya, faktor alam, kondisi kendaraan dan jalan. “Namun pada umumnya kecelakaan terjadi karena unsur kelalaian. Oleh karena itu, unsur kelalaian tersebut harus diinvetarisir dan dicegah dengan sekuat tenaga. Salah satu upayanya adalah dengan kampanye budaya tertib berlalu lintas,” tandas Hari.

Pada acara tersebut, Kapolres juga memberikan santunan kepada 20 warga Kota Magelang yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Acara juga dimeriahkan aksi polisi cilik (pocil) dari SD Negeri Kemiri 1 dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dari MAN Kota Magelang binaan Polres Magelang Kota. (cr3/ton)