Harga Sejumlah Komoditas Mulai Turun

378
JELANG PUASA: Operasi pasar yang dilakukan Dinas Perdagangan Kota Semarang di Pasar Pedurungan, kemarin. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JELANG PUASA: Operasi pasar yang dilakukan Dinas Perdagangan Kota Semarang di Pasar Pedurungan, kemarin. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Mendekati Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Semarang terpantau turun. Di antaranya bawang putih dan cabai rawit setan yang akhir-akhir ini harganya melambung. Namun demikian, secara umum harga kebutuhan pokok masih cenderung tinggi.

”Untuk harga lombok setan semula Rp 70 ribu, saat ini turun menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih semula Rp 59 ribu turun menjadi Rp 55 ribu hingga Rp 53 ribu per kilogram,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto saat melakukan pemantauan harga dan makanan kedaluwarsa di Pasar Pedurungan Semarang, Jumat (12/5) kemarin.

Menurutnya, turunnya harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut diperkirakan karena ada intervensi dari pemerintah pusat. “Kami tidak ingin ada keluhan dari masyarakat terhadap harga kebutuhan primer yang fluktuatif. Maka kami akan terus melakukan pemantauan di pasar-pasar lainnya,” katanya.

Hal itu bertujuan untuk stabilisasi harga bahan pokok sesuai dengan standar harga di pasaran. Sehingga masyarakat, terutama umat muslim yang menyambut ramadan dan lebaran bisa tercukupi. “Memang, kalau secara umum, harga kebutuhan pokok di pasaran masih ada kenaikan antara Rp 500 sampai Rp 1.000, namun kenaikan tersebut masih terbilang wajar. Kita akan membuat strategi lain agar harga kebutuhan pokok ini bisa stabil. Ditargetkan harga-harga kebutuhan pokok tersebut sudah menjadi stabil pada H-3 puasa,” ungkapnya. (amu/smu)